3 Cara Mengatasi Anak Takut Masuk Sekolah dengan Tepat

Sekolah adalah kegiatan wajib bagi seluruh masyarakat Indonesia. Sebab dengan mengenyam bangku pendidikan individu anak akan memperoleh banyak ilmu pengetahuan, pengalaman, meingkatkan kematangan emosi dan sebagainya. Lalu bagaiman jika buah hati takut untuk masuk sekolah? Jangan khawatir, berikut ini ada 3 cara mengatasi anak takut masuk sekolah dengan tepat.

3 Cara Mengatasi Buah Hati Takut Masuk Sekolah

  1. Bicara Baik-Baik dengan Anak

Langkah pertama yang bisa bunda lakukan adalah dengan berbicara dengan baik pada buah hati. Hal ini wajib dilakukan pertama kali, karena pada dasarnya seorang anak bakal susah mengkomunikasikan apa yang dirasakannya. Sehingga wajib bagi bunda untuk mengajaknya berbicara dan mendorong untuk bisa terbuka.

  1. Identifikasi Berbagai Hambatan Belajarnya

Bagian kedua yang tidak kalah penting adalah dengan mengidentifikasi berbagai hambatan belajarnya. Langkah ini juga menjadi hal yang penting untuk digali. Sebab dalam sebuah penelitian menunjukkan, bahwa takut akan kegagalan menjadi salah satu faktor seorang anak fobia untuk sekolah.

  1. Beri Hadiah

Cara mengatasi anak takut masuk sekolah juga bisa anda lakukan dengan memberikannya hadiah atau reward. Hadiah yang di maksud disini akan diberikan pada saat buah hati berhasil sekolah seharian penuh. Selain membuatnya terpacu, dengan pemberian hadiah ini juga bisa meningkatkan semangatnya.

Kesimpulan yang bisa diambil adalah bahwa ada tiga cara untuk mengatasi buah hati yang takut sekolah. Cara yang dimaksud antara lain adalah bicara baik-baik dengan anak, identifikasi berbagai hambatan belajarnya, dan yang terakhir memberi hadiah atau reward guna menaikkan semangatnya.