Amalan Setelah Sholat Tahajud Lengkap Dengan Doanya

Sholat Tahajud merupakan ibadah sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan dan termasuk ibadah yang dikerjakan di malan hari. Bahkan Rasulullah melakukannya setiap hari, Rasul juga akan membaca doa baik untuk kita sebagai umatnya. Dan berikut doa serta amalan setelah mengerjakan Sholat Tahajud yang dilakukan Rasulullah dan bisa dicontoh.

Doa dan Amalan Yang Diamalkan SetelahMengerjakan Sholat Tahajud

  • Doa Setelah Menunaikan Sholat Tahajud

Ketika menunaikan sholat Tahajud, maka harus banyak banyak berdoa. Karena pada saat itu termasuk waktu yang mustajab untuk berdoa. Sebenarnya ada banyak doa yang bisa dipanjatkan serta amalan yang dilakukan setelah sholat Tahajud. Walaupun tidak ada doa khusus, tetapi ada doa yang memang dianjurkan untuk dibaca yakni dari kitab Al Adzkar.

"Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal antal haqqu.

Wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqquw wannaaru haqquw wan-nabiyyuuna haqquw wa Muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallama haqquw wassaa’atu haqq. Allaahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa ‘alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu.

Wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qoddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a’lantu wa maa anta a’lamu bihiminnii. antal muqoddimu wa antal mu’akhkhiru laa ilaaha anta wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah."

Selain doa tersebut, bisa juga membaca Subhanakal Malikul Quduus sebanyak tiga kali. Dilanjutkan dengan membaca Rabbil Malaaikati War’Ruh dan Alluhumma inni a’udzu bi ridhaa ka min skhatik, wa bi mu’aafatika min ‘uquubatik, wa a’udzu bikan minka. Laa uhshi tsa naa-an ‘alaika anta, kamaa ats-naita ‘alla nafsik”. Barulah berdoa untuk dunia atau akhirat.

Pastikan dalam membaca doa ini, anda mengetahui urutan berdoa yang benar. urutan berdoa bisa dimulai dengan mengucapkan Puji pujian kepada Allah. Dilanjutkan dengan membaca shalawat untuk Nabi. Anda juga harus memastikan jika dalam berdoa sudah bersungguh-sungguh. Dan juga membaca doa untuk keselamatan dunia akhirat.

  • Berdzikir

Setelah membaca doa selesai sholat Tahajud, anda juga bisa melanjutkan dengan membaca dzikir. Memulai dengan bacaan surat Al Fatihah, dan dilanjutkan dengan surat pendek seperti Al Ikhlas, An Nas juga Al Falaq. Anda bisa membaca dzikir baca istigfar, tasbis, Allahu Akbar, Allhamdulillah dan Laa illaha illallah. Jangan lupa juga untuk membaca Sholawat Nabi.

  • Membaca Sayyidul Istigfar

Jika anda sudah membaca doa sesudah sholat, maka amalan setelah tahajud yang bisa dilakukan yakni membaca Sayyidul Istigfar. Dalam Al Quran di Surat QS. Az Zariyat : 18 menyebutkan firman Allah yang berbunyi “Wa bil as-hari hum yastagfirun” Dan pada akhir malam mereka memohon ampunan kepada Allah.

Di riwiyatkan juga dalam Imam Bukhari, Rasulullah SAW selalu membaca sayyidul istighfar setelah menunaikan ibadah sholat Tahajud. Berikut bacaan Sayiddul Istighfar yang  bisa anda amalkan, “Allahumma Anta Rabbi, la ilaha illa Anta khalaqtani, wa ana abduka wa ana ala ahdika wawa’dika mastatha’tu, audzubka min syarrima shana’tu, abu’u laka bini’matika alayya wa abu’u laka bi dzanbi, faghfirli, fa innahu la yaghfirudzunuba illa anta”

Beberapa amalan yang disebutkan bisa anda terapkan setiap kali selesai sholat Tahajud. Apabila dilakukan secara rutin dan juga benar, maka umat muslim bisa mendapatkan berkah dan manfaat dari mengamalkannya. Anda juga bisa mendengarkan bacaan Quran seperti ayat kursi mp3 maupun surat lainnya.