6 aplikasi terbaik belajar bahasa inggris terbaik

 

Apakah Kamu orang yang sibuk? Apakah Kamu sering harus bekerja dan belajar menggunakan hp? Apakah Kamu menemukan diri Kamu tidak cocok untuk cara belajar bahasa inggris tradisional? Jangan khawatir, aplikasi terbaik belajar bahasa inggris berikut ini bisa menjadi solusi belajar bahasa Inggris yang sangat efektif untuk kamu pilih. Dikutip dari web ayovaksin dinkeskdi, jadi kamu bisa memilih salah satu dari 6 aplikasi terbaik belajar bahasa inggris di bawah ini!

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis

Sebelum mengetahui aplikasi terbaik belajar bahasa inggris, mari kita lihat beberapa kelebihan dan kekurangan saat menggunakan aplikasi ini!

Hanya dengan HP yang terhubung ke internet, setiap orang saat ini bisa mencari informasi dan belajar secara gratis dengan mudah. Dari situ, lahirlah aplikasi belajar bahasa Inggris gratis.

Jadi apa kelebihan dan kekurangan menggunakan aplikasi belajar bahasa Inggris gratis ini? Berikut ini adalah penjelasannya :

Kelebihan :

  • Nyaman digunakan karena dari segi tempat belajar, bisa belajar dimana saja.

  • Tidak ada jam khusus untuk belajar, karena waktu belajar, kamu bisa belajar kapan saja saat ada waktu luang.

  • Konten dan materi pembelajaran yang kaya dan memiliki sumber referensi yang beragam.

  • Gratis digunakan untuk semua orang.

  • Tidak ada batasan waktu untuk belajar.

Kekurangan :

  • Ada terlalu banyak aplikasi belajar bahasa Inggris, sehingga tidak mungkin menilai kredibilitas dan keakuratan materi pelajaran yang disajikan di dalamnya.

  • Tidak ada mentor khusus yang selalu mengajari dan memperingatkan saat ada kesalahan dalam belajar dan waktu belajar tidak teratur. Sehingga terkadang akan membuat pelajaran susah untuk tercapai sesuai target.

Daftar Aplikasi Terbaik Belajar Bahasa Inggris Paling Saat ini

Berikut ini akan kamu berikan beberapa rekomendasi aplikasi terbaik belajar bahasa inggris yang populer dan banyak digunakan saat ini.

1. Duolingo

Duolingo adalah aplikasi terbaik belajar bahasa inggris yang pernah ​​pemenang penghargaan aplikasi belajar bahasa inggris terbaik di iPhone. Duolingo adalah platform belajar bahasa gratis yang memberi Kamu latihan sederhana hingga kompleks dalam bentuk permainan yang menyenangkan. Kamu bisa dengan mudah meningkatkan keterampilan bahasa Kamu dengan mudah dan sepenuhnya gratis dengan menggunakan aplikasi Duolingo.

Kelebihan :

  • Belajar dalam bentuk permainan yang hidup dengan grafik yang indah: Ini merupakan gamifikasi konten yang menghadirkan pengalaman baru dan efektif. Dengan metode belajar ini Kamu bisa belajar sambil bersenang-senang dengan menyelesaikan tantangan mendengarkan, berbicara, menjawab kuis, atau menjawab pertanyaan dalam bahasa Inggris.

  • Keanekaragaman bahasa: Selain bahasa Inggris, Duolingo juga menawarkan lebih dari 30 bahasa lain di seluruh dunia untuk bisa dipelajari.

  • Beragam latihan: Tidak hanya itu, Duolingo juga memberi Kamu berbagai pelajaran dan latihan untuk membantu Kamu agar tidak bosan dalam proses belajar bahasa inggris. Sistem latihan dan tes Duolingo membantu Kamu meningkat lebih banyak kosa kata dalam bahasa inggris.

Kekurangan :

  • Pelajaran dalam aplikasi Duolingo dirancang untuk memaksa peserta didik mempelajari materi dari yang mudah ke yang sulit.

  • Aplikasi ini juga mudah menimbulkan kebosanan karena terlalu mudah bagi yang sudah mahir dalam bahasa inggris.

  • Selain itu, Kamu mungkin juga harus melihat banyak iklan selama belajar di aplikasi Duolingo saat kamu menggunakan versi gratis.

2. Hello English

Aplikasi belajar bahasa Inggris terbaik hari ini yang bisa kamu pertimbangkan untuk digunakan adalah aplikasi Hello English. Aplikasi ini cocok untuk Pemula (Beginner), Menengah (Intermediate) dan Lanjutan (Advanced).

Fitur unggulan dari aplikasi Hello English ini bisa mengurutkan dan sesuaikan pelajaran berdasarkan objek dan tujuan pembelajaran. Kamu bisa memilih banyak item seperti membaca koran, pelajaran audio dan video, bermain game, dan lainnya. Ada guru online yang siap membantu kamu belajar bahasa inggris jika Kamu mendaftar paket Pro.

Jika Kamu seorang pemula untuk belajar bahasa Inggris, maka Hello English ini merupakan pilihan yang lebih baik untuk kamu pilih. Konten yang disajikan sangat sederhana, bisa diakses dengan mudah, dan sepenuhnya gratis untuk digunakan pemula.

Kelebihan :

  • Keanekaragaman bahasa: Aplikasi ini menyediakan 25 bahasa berbeda seperti Hindi, Indonesia, Thailand, Arab, Malaysia, Urdu, Bangladesh, Bengali, India untuk Kamu pilih untuk belajar berbicara dalam bahasa dari banyak negara di dunia. Fitur ini membantu Kamu mempelajari 2 bahasa sekaligus dengan mudah dan efisien.

  • Materi pembelajaran yang kaya: Dengan pelajaran interaktif yang kaya, memiliki kosa kata yang lengkap, bahkan memiliki guru pendukung online. Sehingga dengan aplikasi Hello English Kamu bisa sepenuhnya aktif dalam berlatih tata bahasa dan melatih keterampilan bahasa Inggris, atau berlatih komunikasi sehari-hari dalam bahasa inggis.

  • Metode pembelajaran yang optimal: Hello English juga mengkombinasikan pelajaran dengan permainan. Sehingga akan membantu Kamu melatih keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahsa inggris dengan lebih baik. Maka dari itu ketika menggunakan aplikasi ini, Kamu bisa dengan mudah mempelajari kata-kata baru dan cara mengucapkannya seperti penutur asli. Kamu juga bisa mempelajari pelafalan sebuah kata dan kalimat melalui video pembelajaran gratis dari penutur asli.

  • Antarmuka yang ramah: Aplikasi Hello English mempunyai antarmuka yang lebih mudah dipahami pengguna dibandingkan beberapa aplikasi lain.

Kekurangan :

  • Banyaknya bahasa dalam aplikasi membuat banyak orang kesulitan untuk mulai menggunakannya.

  • Selain itu, jika hanya menggunakan belajar paket gratis, maka materi pembelajaran yang bisa dipelajari cukup terbatas dan tidak beragam. Jadi kamu hanya bisa belajar pada tingkat dasar saja.

3. Memrise

Memrise merupakan aplikasi yang sangat populer untuk pembelajaran bahasa termasuk bahasa Inggris. Dengan sumber belajar yang kaya yang disumbangkan oleh anggota komunitas Memrise. Kamu bisa meningkatkan kosa kata bahsa inggris kamu miliki.

Dan kamu juga bisa berpartisipasi dalam ratusan kursus yang digabungkan dengan metode pembelajaran yang cerdas. Aplikasi Memrise benar-benar bisa digunakan secara gratis, cocok untuk segala usia yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka dengan lebih efektif.

Kelebihan :

  • Metode pembelajaran yang menarik dan inspiratif: Di aplikasi Memrise kamu bisa menggabungkan metode pengajaran dengan kriteria FUN yang berarti pembelajaran menyenangkan tanpa batas. Dan ILMU, yang artinya pembelajaran dilakukan secara ilmiah dan masuk akal, membantu pembelajar mengingat kosa kata lebih lama. Selain itu, pembelajaran dipadukan dengan mini-games seperti FlashCard, Multiple Choice, Fill in the blank dan lainnya. Sehingga aplikasi Memrise menjadi aplikasi sangat menarik untuk membantu menghilangkan kebosanan dan menginspirasi Kamu untuk belajar bahasa Inggris setiap hari.

  • Antarmuka yang ramah pengguna dan mudah digunakan : Antarmuka yang indah dan unik dengan mengambil tema planet dan alien agar terasa baru dan tidak membosankan bagi peserta didik. Konten di dalam aplikasi Memrise juga dibangun di atas kursus kontribusi pengguna. Oleh karena itu, aplikasi Memrise sangat user-friendly dan mudah digunakan untuk semua orang.

Kekurangan :

  • Akun gratis mempunyai fitur yang terbatas seperti memungkinkan pengguna hanya mempelajari pelafalan, melatih keterampilan mendengarkan, menguasai tata bahasa, dan lainnya.

4. Google Terjemahan/Google Translate

Google Terjemahan atau Google Translate adalah sebagai aplikasi yang sangat familiar bagi sebagian besar dari kita. Google Translate bukan hanya kamus yang berguna tetapi juga menawarkan fitur belajar bahasa inggris. Kamu bisa sepenuhnya melatih dan menguji pelafalan Kamu melalui fitur Masukan Suara, atau bahkan mengedit terjemahan yang tidak memuaskan agar lebih nyaman untuk digunakan nanti.

Kelebihan :

  • Aplikasi yang sederhana, mudah digunakan: Ini adalah aplikasi belajar bahasa inggris yang sederhana dan mudah dipahami terutma ketika kita akan menerjemahkan sebuah kata atau kalimat.

Kekurangan :

  • Google Terjemahan mempunyai beberapa fitur, terutama berfungsi untuk mencari kata dan melatih pelafalan dengan cepat. Tetapi sayangnya tidak ada fitur untuk mengoreksi pengucapan jika pengucapannya salah.

5.  Voicetube

Selanjutnya dalam daftar aplikasi terbaik belajar bahasa Inggris, kamu juga bisa mempertimbangkan menggunakan aplikasi Voicetube. Aplikasi Voicetube cocok digunakan untuk Pemula (Beginner), Menengah (Intermediate) dan Lanjutan (Advanced).

Fitur unggulan dari aplikasi VoiceTube bisa disesuaikan saat belajar melalui video seperti mundur, maju, ulangi, pemilihan subtitle, penyesuaian kecepatan, terjemahan instan, dan lainnya. Untuk bisa menggunakan aplikasi Voicetube ada paket gratis dan paket pro yang membayar biaya bulanan.

Voicetube merupakan aplikasi bagus untuk membantu Kamu meningkatkan keterampilan mendengarkan dan berbicara serta meningkatkan kosa kata dalam bahasa inggris. Kamu harus menggunakan VoiceTube setidaknya 15 hingga 30 menit setiap hari agar bisa meningkatkan kemampuan percakapan bahasa Inggris dengan lebih baik.

Kelebihan : :

  • Belajar bahasa Inggris melalui video yang menarik : Aplikasi Voicetube ini menggunakan video pendek dengan terjemahan. Sehingga Voicetube memungkinkan Kamu memperbarui kata-kata atau kosa kata bahasa inggris baru dengan mudah dan akan membantu melatih refleks mendengarkan secara efektif. Aplikasi ini dilengkapi dengan konten yang dibagi berdasarkan level dari yang mudah hingga yang sulit, jadi aplikasi ini cocok untuk semua level pemahaman bahasa inggris pengguna.

  • Personalisasi: VoiceTube juga memungkinkan Kamu mencari kata-kata sulit secara langsung dan menyimpan kosa kata yang telah Kamu pelajari, dan video klip yang telah Kamu tonton bisa ditemukan di menu Koleksi. Dalam jangka panjang saat menggunakan aplikasi Voicetube Kamu akan mempunyai banyak koleksi kosakata!

Kekurangan :

  • Aplikasi voicetube tidak mempunyai fitur untuk melacak proses belajar, dan hanya ada sedikit tes. Sehingga aplikasi ini sulit bagi kamu untuk menilai perkembangan kamu dalam proses belajar bahasa inggris.

6. Busuu

Busuu memiliki fitur unggulan bisa belajar offline tanpa internet dan belajar langsung dengan penutur asli (jika menggunakan paket Pro). Busuu merupakan media sosial yang digunakan sebagai metode belajar bahasa Inggris bagi penggunanya. Kamu bisa sepenuhnya terhubung dengan jutaan orang dari seluruh dunia yang mempunyai aplikasi ini untuk berlatih, mengobrol, dan meningkatkan belajar bahasa Inggris. Selain itu, ada kuliah yang disiapkan oleh ahli bahasa antara lain: ejaan, tata bahasa, bahasa Inggris komunikatif yang cocok untuk dipelajari oleh semua level pengguna.

Kelebihan :

  • Terhubung dengan pelajar lain: Pengguna juga bisa saling terhubung ke jaringan Busuu yang terdiri dari 120 juta pengguna untuk berlatih dan mengobrol dengan penutur asli saat mendaftar aplikasi Busuu di paket Pro.

  • Metode pembelajaran yang efektif: Penelitian menunjukkan bahwa 22 jam belajar dengan menggunakan Busuu Pro setara dengan belajar satu semester belajar bahasa di universitas. Dan setiap peserta bisa meningkatkan keterampilan bahasa mereka setelah 16 jam belajar dengan menggunakan aplikasi Busuu .

Kekurangan :

  • Aplikasi muncul banyak iklan saat digunakan yang bisa mengganggu saat proses belajar bahasa inggris. Selain itu, masih ada beberapa kesalahan dalam latihan dan materi yang ada di aplikasi Busuu.

Jadi itulah tadi beberapa daftar aplikasi terbaik belajar bahasa inggris yang bisa kamu gunakan secara gratis ataupun berbayar.