Biaya Desain Rumah untuk Hunian Nyaman dan Estetik

Setiap orang pasti ingin memiliki rumah sendiri bukan? Apalagi ketika sudah berumah tangga di mana akan lebih nyaman ketika berada di dalam rumah milik sendiri.

Rumah Impian Idaman Semua Orang

Memiliki rumah impian merupakan keinginan bagi setiap orang. Masing-masing mempunyai bayangan sendiri seperti apa rumah kesayangan tersebut. Maka dari itu, mewujudkan mimpi tersebut menjadi sebuah kewajiban.

Untuk membangun sebuah rumah idaman dan impian memang diperlukan biaya yang tidak sedikit. Anda harus membeli berbagai macam material terbaik untuk proses pembangunan rumah tersebut. Apalagi saat ini harga tanah makin hari makin mahal.

Sekarang ini ada banyak sekali jasa untuk pembuatan sebuah rumah idaman. Tidak hanya membangun sebuah rumah saja akan tetapi juga membantu dalam mendesain bagaimana rumah yang cantik dan menarik nantinya.

Tentu saja ini akan sangat membantu dalam melakukan perencanaan pembangunan rumah. Mereka akan membantu dalam menentukan besarnya biaya dan memilihkan berbagai material terbaik sebagai bahan dasar pembangunan rumah impian nantinya. Anda bisa menemukannya di berbagai kota di seluruh Indonesia.

Biaya Penggunaan Jasa Desain Rumah

Biaya jasa arsitek ini telah diatur sedemikian rupa oleh organisasi Ikatan Arsitek Indonesia (IAI). Terdapat dua jenis perhitungan tarif, yaitu berdasar kategori bangunan dan juga berdasar luas bangunan per meter persegi.

  1. Tarif Berdasarkan Kategori Bangunan

Jenis bangunan telah diatur dan terdiri dari khusus, sosial, dan kategori 1 hingga 3. Untuk rumah pribadi maka masuk ke dalam kategori 3. Cara perhitungannya sangat mudah yaitu melihat rencana anggaran total bangunan.

Untuk bangunan berkisar 200 juta maka tarifnya 8%. Bangunan 2 miliar maka tarifnya 6,48%. Semakin tinggi harga bangunan maka persen biaya makin kecil. Biaya jasa tersebut diketahui dari persen tarif kategori 3 dikali biaya anggaran.

  1. Tarif Berdasarkan Luas Bangunan

Biasanya, arsitek mematok harga jasanya 150 hingga 800 ribu rupiah untuk per meter persegi bangunan. Namun harga ini bisa lebih rendah maupun lebih tinggi. Hal ini dikarenakan perbedaan pengalaman dan juga portofolio.

Selain itu lingkup kerja seorang arsitek tersebut juga berpengaruh. Seperti tahapan perencanaan atau desain hingga pengawasan proses pembangunan. Ada arsitek yang juga sekaligus menjadi kontraktor.

Cara Memilih Arsitek yang Tepat untuk Hunian Anda

Memilih jasa arsitek tentu tidak bisa dilakukan sembarangan. Hal ini dikarenakan bangunan tersebut kelak akan menjadi rumah bagi Anda. Beberapa hal yang berpengaruh dalam pemilihan jasa antara lain:

  1. Sertifikat yang Dimiliki

Menjadi arsitek tentu membutuhkan berbagai keahlian. Keahlian ini akan semakin dinilai tinggi jika ada sertifikatnya. Sertifikat ini disebut dengan SKA atau Sertifikasi Keahlian Arsitek.

Semakin bagus nilai di tiap kompetensi maka harga jasa arsitek tersebut akan semakin mahal. Hal ini menandakan bahwa sosok ini benar-benar kompeten dan berkualitas.

  1. Portofolio dari Arsitek

Selain sertifikat, juga ada portofolio arsitek. Seluruh proyek yang telah dikerjakan akan dibuat menjadi portofolio. Fungsinya adalah untuk menarik klien lain dan juga sebagai bukti bahwa pekerjaan telah tuntas.

Semakin bagus portofolio maka pengguna jasa dapat mengetahui kualitas dari seorang arsitek. Tidak hanya itu,, testimoni para pengguna jasa sebelumnya juga bisa dilihat.

Demikian sekilas informasi mengenai jumlah biaya yang harus dikeluarkan untuk mendesain rumah. Penggunaan jasa desain tidak merugikan, justru malah menguntungkan. Pastikan memilih arsitek yang tepat dan juga profesional.