Bukit Widodaren di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur

Indonesia negara kaya alam yang indah, maka tidak heran jika banyak yang jadi spot wisata, bahkan terkenal mendunia. Tidak Cuma warga lokal, orang luar negeri banyak mengunjungi berbagai destinasi di nusantara, salah satunya di Jawa Timur.

Disana, ada banyak spot menarik yang disarankan dikunjungi. Salah satunya adalah gunung atau bukit Widodaren. Tempat ini menjadi terkenal karena lokasinya ada di sekitar kawasan Bromo.

Tentang Bukit Widodaren Bromo

Berikut adalah informasi tempat yang mungkin tidak biasa diketahui bahkan oleh  wisatawan lokal, yakni Bukit Widodaren Bromo. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Indonesia memang menawarkan berbagai tempat wisata yang luar biasa seperti gunung, danau, desa, dll.

Bagi yang suka hiking, Bukit Widodaren bisa menjadi pilihan yang luar biasa. Tempat ini terletak di samping Gunung Bato, Bromo Tengger Semeru dan  menjadi bagian dari taman nasional tersebut.

Hal Menarik di Bukit Widodaren

Tidak hanya wisatawan yang pergi ke gunung untuk trekking, tetapi mereka mungkin juga ingin tahu tentang legenda terdekat tentang air mancur suci di Widodaren. Tidak heran, beberapa dari mereka kemungkinan besar akan berdoa dan bermeditasi jika untuk ingin mencapai kesuksesan dan berkah disana.

Bukit Widodaren dianggap lebih subur dan rindang dibandingkan gunung lain di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Indonesia. Memiliki lingkungan yang lebih nyaman dan udara yang lebih berenergi.

Banyak pepohonan, rerumputan, dan pepohonan tumbuh subur di sana. Kicauan burung dan serangga juga menjadi hal menarik lain yang dapat dinikmati wisatawan. Belum lagi sebuah gua di Widodaren dekat dengan kaki gunung, di mana air mancur suci berada.

Secara keseluruhan, Widodaren memberikan kenikmatan yang luar biasa bagi orang-orang yang menyukai petualangan. Ini juga memberikan kesempatan bagi orang-orang yang ingin  melakukan sedikit ritual atau ibadah

Pergi ke Bukit Widodaren adalah untuk bertamasya. Tapi Tidak hanya itu, wisatawan mungkin perlu menjelajahi panorama gunung,dan juga perlu mempelajari Suku Tengger dan menganalisis budaya mereka. Menurut beberapa fakta, beberapa penduduk setempat sering datang ke puncak gunung untuk melakukan pertapaan.

Bahkan dikatakan meditasi seperti itu seharusnya untuk mendapatkan Muksha (kesempurnaan) – sebuah ritual membuat diri menghilang. Meski hanya sebatas rumor, para wisatawan menganggapnya luar biasa. Anda dapat mengunjungi lokasi ini.

Bukit Widodaren dianggap lebih sederhana dan lebih cocok untuk pemula. Namun, trekker perlu membawa perangkat dan bekal yang tepat. Air botolan juga harus.

Jika perlu, mereka harus menyewa pemandu ahli yang dapat memberikan informasi dan fakta-fakta bermanfaat selama trekking. yang tidak boleh dilewatkan saat treking ke Bukit Widodaren adalah pergi ke gua terkenal yang tinggal di dekat gunung.

Ini adalah wilayah di mana wisatawan dapat menemukan air mancur suci. Begitu mereka masuk ke goa, mereka mungkin menemukan altar juga. Biasanya, tempat ini dijadikan wilayah kebaktian di altar dan perilaku beribadah demi mendapatkan kemakmuran dan jodoh.

Beberapa dari mereka bahkan memilih situs goa di wilayah Widodaren karena tepat untuk bermeditasi. Spot terdekat Gua Widodaren adalah Danau Ranu Regulo dan Sungai Sedaer B29.

Harga Tiket Masuk Bukit Widodaren Bromo

Untuk mencapai Bukit Widodaren sangatlah mudah. Harga tiket Rp.29.000 di hari biasa dan Minggu atau libur Rp.34.000.

Nah itulah tadi sekilas informasi tentang tempat wisata gunung atau bukit Widodaren yang lokasinya ada di taman nasional Tengger Bromo, Jawa Timur. Jika kamu ingin beriwsata ke bukit widodaren bromo bisa menggunakan jasa tour dan travel dari nahwatravel.co.id.