Bunga Krisan

Chysanthemum atau krisan merupakan tanaman hias yang dikenal dengan bunganya yang indah dan berwarna-warni. Di Indonesia, bunga yang juga disebut seruni ini digunakan sebagai bunga potong maupun dipelihara dalam keadaan hidup sebagai tanaman hias pembersih udara.

Krisan termasuk dalam keluarga Asteraceace, yaitu keluarga tanaman yang mirip dengan kenikir yang tumbuh liar di padang rumput. Di Jepang, krisan dijadikan sebagai maskot negara berkat keindahannya.

Krisan memiliki akar serabut dengan batang yang lurus dan lunak. Meski begitu, permukaan batang krisan dapat mengeras seperti kayu. Batang inilah yang berperan sebagai pembersih udara. Pada bagian daunnya yang memiliki tepi bergelombang, terdapat bulu-bulu halus yang memanjang dan menyirip.

Walau daun krisan memiliki karakteritik yang unik, tetap saja daya tarik utama dari tanaman ini adalah bunganya. Di antaranya banyak jenis bungakrisan yang ada, ada lima jenis yang sering ditanam, yaitu krisan maximum, krisan putih, segetum, pompom, dan carinatum.

Masing-masing jenis memiliki ciri khas yang membedakannya dengan jenis krisan lain. Misalnya krisan carinatum yang memiliki tiga lapis warna yang mengelilingi bagian pusat bunga.

Tidak seperti krisan carinatum yang pusat bunganya terlihat jelas, krisan pompom justru menyembunyikan pusat bunganya dengan mahkota bunganya yang berlapis-lapis hingga bentuknya menyerupai bola (pompom). Diamater bungakrisan pompom dapat mencapai 10 cm.