Bagaimana Cara Melatih Anak Membaca?

Semua orang tua pastinya sudah paham bahwa membaca akan memberikan banyak manfaat yang baik untuk sang buah hati. Maka dari itu para orang tua sangat disarankan untuk mengajarkan sang anak sejak ia masih berusia dini. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk bisa mengajarkan anak membaca? Tentu waktu yang tepat adalah Ketika anak sudah menginjak usia 3 sampai dengan 5 tahun. Di waktu inilah waktu yang penting bagi beberapa orang tua untuk mulai mengajarkan anak-anaknya untuk belajar membaca.

Untuk mengajarkan anak membaca bisa dilakukan dengan rutin untuk membacakan buku untuk anak. Proses ini memang terkadang proses yang berat apalagi beberapa anak yang tidak suka membaca. Solusi lain dengan belajar membacakan buku yang anak-anak sukai. Biasanya buku cerita bergambar dengan tulisan yang minim bisa menjadi pengenalan pertama agar anak mulai tertarik dengan buku yang akan ia baca nantinya.

Selama membacakan buku untuk sang anak, usahakan untuk membacakan dengan suara yang lantang. Mengapa harus dengan suara yang lantang? Sebab, cara ini juga menjadi salah satu cara untuk membantu sang anak untuk bisa memahami bacaan, pelafalan kata yang jelas dengan baik dan benar. Beberapa kombinasi huruf yang ada pada buku bacaan ini juga bisa membantu sang anak untuk bisa melafakan dan mengucapkan kata bacaan yang ia baca. Pastikan untuk menjadikan kegiatan belajar yang menyenangkan agar anak tidak mudah bosan.