6 Cara Membersihkan Sepatu Putih yang Menguning Dengan Langkah Mudah

Terlepas dari jenisnya, sepatu putih selalu terlihat trendi baik dengan style casual maupun dipadukan dengan pakaian formal. Namun, sepatu putih cenderung sering menguning dan kotor. Hal ini membuat sebagian orang enggan untuk menggunakannya terlalu sering. Untuk mengatasinya, anda bisa ikuti cara membersihkan sepatu putih yang menguning berikut!

Cara Bersihkan Sepatu Putih Menguning

  1. Menggunakan Shampo

Cara pertama yang bisa dicoba lakukan adalah menggunakan shampo. Sampo juga terbukti cukup efektif untuk menghilangkan kotoran dan efek kuning pada sepatu putih.  Bahan-bahan shampo bahkan dapat menyerap minyak. Oleh karena itu, sampo dapat menjadi bahan yang efektif untuk membersihkan dan mengembalikan keputihan pada sepatu.

  1. Menggunakan Penghapus

Cara berikutnya yang bisa digunakan untuk mengatasi sepatu menguning adalah dengan menggunakan penghapus. Cara ini merupakan cara termudah yang bisa digunakan. Penghapus disini bukanlah penghapus pensil, tetapi penghapus yang telah diformulasi secara khusus untuk membersihkan sepatu putih yang dibanderol mulai Rp 30-60 ribu

  1. Menggunakan Pemutih Pakaian

Anda juga bisa membersihkan sepatu putih yang menguning dengan pemutih pakaian. Cara ini cocok untuk sepatu berbahan kain atau kanvas. Pemutih atau pemutih pakaian biasanya mengandung bahan kimia yang menyebabkan pencerah, sehingga Anda dapat menggunakan komponen ini untuk mengembalikan warna keputihan sepatu yang Anda miliki.

Namun, anda harus menggunakannya dengan hati-hati. Untuk mengaplikasikan , oleskan pemutih langsung ke sepatu dan sikat sampai noda kuningnya hilang. Kemudian segera bilas dengan baik. Pemutih biasanya memiliki bau yang menyengat, jadi Anda bisa hilangkan bau dengan menyemprotkannya menggunakan pengharum pakaian agar nyaman digunakan

  1. Menggunakan Baking Soda

Soda kue dan baking soda telah lama digunakan sebagai bahan pembersih alami. Tentu saja bahan-bahan dalam baking soda dapat mengikat kotoran secara efektif. Cara membersihkan sepatu putih yang menguning dengan soda kue dengan terlebih dahulu membuat pasta soda kue dan menambahkan sedikit air hingga soda kue memiliki tekstur seperti pasta.

Selanjutnya, oleskan pasta dari baking soda ini pada sepatu dan biarkan mengering. Biarkan mata ini mengering secara alami dan tidak perlu di kipas. Tidak disarankan untuk menjemur langsung di bawah sinar matahari. Saat pasta soda kue mengering dan mengeras, Anda bisa membilasnya. Jika masih ada sisa soda kue di sepatu, Anda bisa mencucinya seperti biasa.

  1. Menggunakan Alkohol

Alkohol merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk membersihkan sepatu. Alkohol tidak hanya bertindak sebagai pengawet, tetapi juga dapat membersihkan sepatu. Mudah digunakan. Tuang alkohol ke dalam sepatu dan gosok dengan kuas. Mengingat volatilitas alkohol, disarankan untuk menuangkan dalam porsi kecil setiap kali dan ingat untuk menutup botol.

  1. Menggunakan Garam

Anda juga bisa membersihkan sepatu yang menguning dengan garam. Rahasianya adalah dengan melarutkan satu sendok makan garam dalam 8 ons air panas dan aduk sampai benar-benar larut. Selanjutnya, tuangkan atau oleskan garam pada noda kuning dan gosok kuat-kuat dengan sikat gigi. Anda mungkin perlu menggosok selama beberapa menit untuk meringankan noda.

Setelah kotoran hilang, biarkan sepatu Anda selama sekitar 20 menit. Kemudian ulangi prosesnya. Jika kotoran sudah cukup hilang, hentikan penggosokan dan bilas dengan air bersih. Dengan cara membersihkan sepatu putih tidak disarankan untuk menjemur sepatu di bawah terik matahari. Sinar matahari nantinya dapat merusak warna sepatu Anda.

Anda bisa memilih cara membersihkan sepatu sesuai dengan bahan yang dimiliki di rumah. Lakukan langkah dengan baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Terdapat banyak bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan sepatu yang menguning, dimana diantaranya dengan menggunakan penghapus, alkohol atau hand sanitizer dan juga garam