Cara Membuat Label Undangan di Word dengan Mudah

Ternyata hingga sekarang pun masih banyak orang yang mengalami kesulitan saat membuat label nama pada undangan. Memang hal yang satu ini gampang-gampang susah. Akan tetapi bukan berarti tidak mungkin bisa dilakukan. Untuk membuat label nama pada undangan memang membutuhkan ketelitian dan ketepatan ukuran sheingga label nama pada undangan bisa tercetak dengan rapi.

Cara Membuat Label Undangan Dengan Menggunakan Word

Ternyata ada cara yang cukup mudah untuk membuat label nama undangan dilansir dari Lewatin Aja. Bahkan Anda bisa melakukannya sendiri. Anda hanya perlu menggunakan bantuan Microsoft Word saja. Anda akan menggunakan kertas label untuk nomor 103 atau 121. Kedua kertas label itu adalah jenis kertas label yang paling sering digunakan. Jika Anda menggunakan ukuran lain maka ukurannya bisa tidak sesuai di undangan pada saat dicetak.

Langkah-Langkah Membuat Label Undangan di Word

Berikut ini adalah beberapa Langkah sederhana dalam membuat nama undangan. Langkah-langkah ini mudah diikuti sehingga bisa digunakan untuk pemula.

Langkah pertama adalah dengan membuka aplikasi Microsoft Word di komputer atau laptop Anda. kemudian klik pada bagian Ribbon Mailings, kemudian pilih Labels, dan pilih Options. Jika tab Label Options sudah muncul, maka pilihlah menu New Label. Jika Anda hendak menggunakan label nomor 121, maka akan ada kolom yang harus Anda isi dan menyesuaikan pengaturannya. Anda bisa mengikuti panduan di bawah ini sehingga pengaturan akan lebih tepat.

Pada kolom Label Name hanya perlu diisni dengan menggunakan nama label yang ingin Anda gunakan. Misalnya Anda ingin menggunakan label nomor 121, maka diisi “Label Type 121”. Kemudian klik OK. Setelah bagian ini sudah diisi, maka pengaturan pada kolom label sudah otomatis berubah menjadi Label Type 121. Kemudian Anda pilih New Document.

Selanjutnya Anda akan mengisi kolom lain yang terdiri dari beberapa hal

  1. Label height yang artinya ukuran tinggi dari label
  2. Label width yang artinta ukuran lebar dari label
  3. Top margin yang artinya batas dari bagian atas kertas hingga bagian atas label
  4. Side margin yang artinya batas dari bagian pinggir kertas hingga bagian pinggir label
  5. Horizontal pitch yang artinya ukuran lebar dan jarak horizontal dari satu label ke label lainnya.
  6. Vertical pitch yang artinya ukuran tinggi dan jarak vertical dari satu label ke label lainnya.
  7. Page size yang artinya ukuran halaman kertas label
  8. Page height yaitu ukuran tinggi kertas label
  9. Page width yaitu ukuran lebar kertas label
  10. Number across yang artinya total kolom label
  11. Number down yang artinya total baris label

Kesebelas kolom ini harus Anda isi dengan lengkap dan disesuaikan pula dengan ukuran kertas label yang akan Anda gunakan untuk mencetak label undangan. Setelah semua sudah diisi, maka klik OK. Kemudian klik OK pada menu Label Options. Selanjutnya Anda pilih menu Envelope and Labels dan klik New Document.

Saat semua pengaturan sudah diisi, maka saatnya Anda menggunakan pengaturan tersebut pada Microsoft Word untuk mengisi data yaitu nama tamu undangan. Saat Anda klik menu Envelope dan Labels sebelumnya, maka sudah ada kolom label yang sesuai dengan pengaturan yang Anda isi sebelumnya. Jadi, di Langkah ini Anda hanya cukup mengetikan nama saja pada setiap label.

Biasanya orang akan menulis nama pada baris pertama kolom dan alamat di baris kedua kolom label. Saat semua sudah diisi, maka label tersebut sudah siap dicetak.