Anda Bingung Cara Membuat Sertifikat Di Word? Yuk Intip Langkahnya!

Software editing gambar seperti photoshop atau corel tidak bisa digunakan dengan mudah, terlebih bagi mereka yang belum terlalu mengenalnya. Dalam kondisi mendesak, ternyata MS Word bisa menjadi jalan keluar. Ternyata anda bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk membuat sebuah sertifikat. Bagaimana  cara membuat sertifikat di Word? Yuk cek informasi berikut!

Cara Mudah Membuat Sertifikat Di Word

  1. Buka MS Word Dan Klik Menu File

Aplikasi yang hendak anda gunakan kali ini adalah MS Word, sehingga langkah pertama untuk membuat sertifikat adalah dengan membuka aplikasinya terlebih dahulu. Buka menu MS office dan tekan aplikasi Microsoft Word sebanyak dua kali. Namun jika ada icon aplikasinya di taskbar, maka klik ikon tersebut sebanyak dua kali.

Setelah berhasil masuk, langsung saja klik menu file yang letaknya berada di bagian kanan atas halaman. Menu tersebut memuat banyak opsi, seperti save, save as, open, close, recent, new, dan lain sebagainya. Menu file juga yang paling sering dipakai ketika anda sedang membuat dokumen di MS Word. Bahkan fitur ini selalu ada meskipun anda memakai MS Word versi lama.

  1. Pilih Menu New Dan Klik Certificate

Sebelumnya sudah disinggung bahwa ada banyak sekali menu yang bisa anda temukan di dalam menu file. Untuk membuat sertifikat, maka menu yang perlu anda klik adalah “New”. Setelah ditekan, anda akan menemukan banyak pilihan halaman yang bisa di create. Anda bisa lihat bagian bawah, lebih tepatnya di bagian template office.

Di sana, ada menu khusus untuk membuat sebuah sertifikat. Disamping itu, anda juga bisa menemukan template business card, agenda, envelope, digram, contract, calendar, dan masih banyak lagi. Namun fitur ini hanya bisa digunakan jika laptop anda terhubung dengan internet. Pasalnya akan ada proses pengunduhan sebelum akhirnya template bisa digunakan.

  1. Pilih Template Gratis

Anda tidak perlu ragu ketika hendak menggunakan template yang ada di MS Word, karena semuanya gratis. Bahkan style yang mereka tawarkan sangat beragam. Anda hanya perlu mencari salah satu style yang diinginkan dan sesuai dengan kebutuhan. Proses pengeditan juga bisa dilakukan dengan praktis dan mudah. Tidak heran jika MS Word menjadi jalan keluar bagi anda awam photoshop.

  1. Atur Template

Setelah anda memilih template, maka selanjutnya edit sertifikat dengan nama orang yang berpartisipasi atau hendak anda buatkan penghargaan. Proses pengeditan bisa langsung di halaman tersebut, sama halnya seperti anda mengedit sebuah diagram atau chart. Jika ada bagian yang salah, maka anda hanya perlu tekan tombol backspace seperti saat mengetik normal.

Apabila anda rasa style nya kurang pas, anda juga bisa kembali dan mengganti template yang digunakan. Prosesnya sama seperti yang telah disebutkan sebelumnya dan tidak memakan waktu lama. Selama MS Word anda sudah login dengan benar dan ada akses internet, maka proses pengunduhan bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

  1. Klik Create Certificate

Cara membuat sertifikat di Word yang terakhir adalah dengan klik tulisan create certificate. Simpan dokumen tersebut di tempat yang anda inginkan. Proses penyimpanan memang memerlukan waktu yang sedikit lebih lama dibandingkan dengan penyimpanan dokumen biasa. Namun perbedaan tersebut tidak terlalu signifikan sehingga masih nyaman untuk ditunggu.

Dari penjelasan yang telah diberikan tadi, terlihat bahwa MS Word bisa menyelesaikan tugas pembuatan sertifikat dengan gampang. Seluruh prosesnya tidak perlu skill khusus, berbeda dengan penggunaan software editing seperti corel dan photoshop. Informasi semacam ini sangat menarik dan penting, sama halnya dengan cara hapus halaman kosong di Word.