Cara Memperbaiki Memory Card yang Tidak Terbaca di HP tanpa Harus Diformat

Cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca di HP sebenarnya tidaklah sulit. Asalkan penyebab utama memory card tidak muncul di HP karena rusak. Sebab jika itu masalah utama maka jalan satu-satunya adalah beli yang baru.

Penting untuk diketahui jika memory card yang tidak terbaca di HP bukan semata-mata disebabkan rusak. Sebab ada banyak sekali kemungkinan penyebab lain sehingga memory card tidak terbaca di HP.

Nah, untuk Anda yang tiba-tiba memory card pada HP-nya tidak terbaca, jangan panik terlebih dahulu. Coba Anda perbaiki sendiri sebelum memutuskan untuk membeli yang baru. Jika memang demikian, lalu bagaimana caranya?

Penyebab Memory Card Tidak Terbaca di HP

Selain mengalami kerusakan, berikut ini adalah beberapa kemungkinan kenapa memory card tidak terbaca di HP:

  1. Memory Card Sering Dipindah-pindah

Ternyata memory card yang sering di pindah-pindah akan sangat rentan terhadap penyakit. Hal ini dikarena harus sering menyesuaikan diri dengan tempat dan sistem operasi baru.

  1. Salah Cara Memindahkan Memory Card

Coba untuk bersabar jika memang diharuskan mencabut memory card dari HP untuk dipindahkan ke card reader atau HP lain. Sebaiknya matikan Ponsel terlebih dahulu. Kemudian tunggu 10-20 detik. Barulah Anda cabut kartu memori.

  1. Memory Card Terkena Virus

Ini adalah penyebab utama yang paling sering terjadi. Yakni memory card terkena virus. Penting untuk diketahui jika beberapa virus bisa membuat kartu memory lumpuh.

Memperbaiki Memory Card yang Tak Terbaca di HP

Jika memory card error, jangan terburu-buru untuk memformatnya. Coba atasi sendiri terlebih dahulu. Mengutip dari website efyei berikut cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca di HP.

  1. Bersihkan Memory Card

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan memory card. Bersihkan lempengan kuning pada memory card menggunakan kain halus atau kapas. Pasalnya kartu memori sering tidak terbaca di HP seringnya dikarenakan adanya kotoran yang ada pada lempengan kuningnya itu.

  1. Periksa Memory Card di PC atau Laptop

Jika cara yang pertama tadi masih gagal, coba lakukan cara kedua ini. Periksa memory card pada PC atau Laptop dengan menggunakan menu Properties Windows. Caranya pun gampang. Berikut langkah-langkahnya:

  • Hubungkan memory card ke PC atau laptop
  • Buka dokumen “My Computer” >> klik kanan pada pilihan “SD Card”
  • Buka “Properties” >> “Tools” >> “Check”. Perangkat secara otomatis akan langsung memindai memory card tersebut.
  • Lepaskan memory card lalu nyalakan ulang PC atau Laptop dan sambungkan kembali memory card kamu ke PC atau Laptop.
  1. Perbaiki memory card dengan DiskInernals Uneraser

Jika cara kedua masih tidak berhasil, coba gunakan cara ketiga ini. Yakni dengan menggunakan software DiskInernals Uneraser. Software yang memang sengaja dirancang untuk memperbaiki memory card atau tidak terbaca. Berikut caranya:

  • Download dan install DiskInternals Uneraser.
  • Selanjutnya recovery wizard akan terbuka secara otomatis, lalu klik Next. Setelah itu seluruh data pada memory card yang ada di PC akan ditampilkan.
  • Kemudian pilih memory card yang ingin diperbaiki. Selanjutnya klik “Next”.
  • Nanti akan ada pilihan jenis file yang ingin dipulihkan. Anda bisa melewati item ini. selanjutnya pilih “scan”.
  • Setelah semua data berhasil di scan, Anda pilih file yang dirasa penting. Selanjutnya klik kanan pada ”Preview in the new tab”. Untuk proses pemulihan secara otomatis, tekan Ctrl + P.
  • Terakhir, simpan file yang telah dipulihkan.

Jadi seperti itulah trik yang bisa dicoba saat memory card tidak bisa terbaca di HP. Semoga ulasan singkat tentang cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca di HP ini bisa membantu.