Cara Mengatasi Ban Bocor Halus

Bagaimana cara mengatasi ban bocor halus? tetap tenang dan jangan panik. Anda dapat mengontrol situasi dengan beberapa tindakan ini, berikut ini selengkapnya:

1. Kurangi kecepatan kendaraan Anda

Ban bocor bisa dirasakan dari tanda-tanda tertentu. Salah satunya saat setir terasa bergoyang. Hal ini menunjukkan bahwa ban dapat tertusuk benda tajam di tengah jalan.

2. Nyalakan Lampu Sein dan Menepi

Segera kurangi kecepatan kendaraan anda kemudian nyalakan lampu sein dan menepi. Hentikan kendaraan Anda di tempat yang aman, seperti bahu jalan yang sepi jika memungkinkan.

3. Hindari Lalu Lintas Berat

Hindari lalu lintas padat dengan mendorong kendaraan menjauh dari jalan utama. Temukan area yang lebih tenang sehingga Anda dapat dengan bebas memeriksa ban kempes. Dengan begitu, Anda tidak akan mengganggu kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan lainnya.

4. Ketahui Apa Penyebab Masalah

Anda dapat memeriksa sendiri apa masalah yang menyebabkan ban bocor halus. Periksa pecahan kaca atau paku yang mungkin tersangkut di ban Anda.

Jika penyebab pastinya sudah diketahui, Anda bisa mencari bengkel terdekat untuk memperbaiki kebocoran pada ban atau meminta bantuan.

5. Temukan Kebocoran dan Tandai mereka

Sebelum ban akhirnya pecah total, Anda sudah bisa melihat sejumlah tandanya. Jika ban kendaraan mulai menunjukkan sinyal bocor, Anda bisa mengecek sendiri kondisi ban.

Putar luas permukaan pada ban untuk mencari sumber kebocoran. Jika sulit, gunakan air sabun untuk mencari letak kebocoran pada ban tubeless.

Setelah ban dipompa sampai penuh, putar perlahan sambil menyiramnya dengan air sabun. Kemudian gosok area permukaan ban dan perhatikan. Bisa dipastikan, bagian yang mengeluarkan gelembung udara adalah sumber kebocoran.

6. Tandai area bocor

Misalnya dengan menempelkan sapu lidi di area permukaan. Langkah ini tidak akan menyebabkan kerusakan pada ban. Setelah itu, cucilah ban mobil/motor Anda hingga bersih dan keringkan sebelum ditangani dengan benar.

7. Kenali berbagai cara untuk menambal ban bocor

Perlu dipahami bahwa ban yang telah ditusuk dan ditambal tidak akan kembali berfungsi secara optimal seperti semula. Meski begitu, ada beberapa cara yang biasa digunakan untuk mengantisipasi kebocoran halus pada ban.

8. Cara mengatasi ban bocor halus dengan Cairan Anti Bocor

Cairan ini sangat efektif untuk menutupi kebocoran pada ban mobil dan motor yang disebabkan oleh benda tajam. Untuk pencegahan, Anda juga bisa menggunakan cairan anti bocor untuk ban tubeless.

9. Segera tambal atau ganti ban dengan yang baru

Terlepas dari kebocoran besar atau halus, segera tambal atau ganti dengan yang baru jika kondisi ban sudah terlalu lama digunakan, botak, aus, tua atau aus. Ban bocor yang halus akan terus mengeluarkan udara. Jika tidak segera ditambal, kerusakannya akan lebih merepotkan untuk perjalanan jauh.

Lubang pada ban akan semakin besar jika dibiarkan begitu saja. Terutama karena harus menanggung tekanan berat kendaraan.