Yuk Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Feses Berwarna Hitam

Memperhatikan warna feses ternyata menjadi hal penting yang perlu anda lakukan saat BAB. Pasalnya warna feses umumnya bisa berbeda beda, dan menjadi salah satu indikator kondisi kesehatan tertentu. Lalu bagaimana warnanya tidak lazim, seperti hitam ? Yuk ketahui penyebab dan cara mengatasi feses berwarna hitam.

Apakah Feses Berwarna Hitam Normal ?

Ketika feses yang keluar berwarna hitam, anda pasti akan merasa khawatir. Karena warna tersebut cenderung kurang lazim untuk tinja. Meskipun begitu, ternyata feses berwarna hitam tidak selalu menjadi pertanda adanya masalah kesehatan. Bahkan kondisi ini bisa sangat normal terjadi jika disebabkan oleh beberapa hal. Seperti makanan, suplemen zat besi, atau obat.

Makan blueberry, licorice hitam, atau bismuth pun bisa menyebabkan perubahan warna feses menjadi kehitaman. Sehingga jika anda mengonsumsi makanan seperti ini adalah wajar ketika feses menjadi berwarna hitam. Namun ketika sudah disertai gejala berupa kram perut, nyeri, diare, kembung, maupun perubahan kebiasaan BAB. Maka bisa jadi ini adalah pertanda adanya masalah kesehatan.

Cara Mengatasi Feses Hitam

Feses hitam atau disebut melena umumnya perlu diobati tergantung tingkat keparahannya. Beberapa metode penanganan yang dianjurkan antara lain penanganan saat perdarahan aktif, yang dilakukan dengan memberikan transfusi darah. Bisa juga menggunakan obat obatan untuk mengurangi produksi asam lambung apabila melena disebabkan oleh tukak lambung.

Jika feses hitam disebabkan karena kondisi kesehatan tertentu, maka cara mengatasinya perlu dilakukan oleh ahli. Apalagi kondisi melena tersebut umumnya disertai pula oleh beberapa gejala pada tubuh. Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter terutama ketika gejala yang terjadi seperti muntah darah, merasa pusing, atau adanya darah ikut bersama feses.