Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Balita

Apakah anak balita anda sedang mengalami hidung tersumbat karena pilek atau flu? Mungkin Anda perlu menerapkan beberapa cara mengatasi hidung tersubat pada balita dengan efektif yang kami jelaskan di bawah ini.

1. Bersihkan lendir pada hidung anak

Cara mengatasi hindung tersumbat pada balita yang bisa orang tua lakukan adalah membersihkan ingus dan lendir pada hindung anak.

Dengan rutin membersihkan hidung anak saat pilek dapat mencegah terjadinya penyumbatan pada hindung anak karena kerak atau ingus yang mengeras pada hidung.

Untuk mempermudah melakukan pembersihan hidung pada anak jika banyak upil atau ingus yang mengering bisa gunakan cutton bud dengan dibasahi menggunakan air hangat. Dengan cara ini ibu bisa membersihkan kotoran dengan lebih mudah.

2. Pastikan anak tetap terhidrasi

Pastikan anak Anda tubuhnya tetap terhidrasi dengan baik dengan cara sering memberikan minum air putih yang banyak. Jika anak masih minum asi berikan asi sesering mungkin agar tubuh anak tetap terhidrasi dengan baik.

3. Atur posisi tidur anak

Buat anak tidur dengan nyaman saat mengalami hidung tersumbat dengan cara meninggikan posisi kepala saat tidur. Dengan posisi kepala yang lebih tinggi akan membuat anak lebih mudah untuk bernafas.

Cara ini juga bermanfaat agar  lendir tidak menggumpal di dalam hidung anak dan jangan lupa untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan anak agar lendir tidak menyimbat di organ pernafasan.