Jangan Panik, Simak Dengan Baik Cara Mengatasi HP Disadap

Di masa kini, tindak kejahatan sering kali ditemukan. Tindak kejahatan ini bisa berupa apa saja yang memungkinkan, ada banyak tindak kejahatan yang menyerang pada pengguna teknologi. Salah satunya ada penyadapan HP, tindakan ini dapat merugikan orang karena ada kemungkinan data pribadi mereka bisa dicuri dengan mudah. Maka dari itu, simak cara mengatasi HP disadap berikut ini.

5 Cara Mengatasi HP yang Disadap Dengan Mudah

  1. Deteksi Penyadapan Dengan Kode

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk memeriksa apakah HP sedang disadap orang atau tidak adalah dengan mengeceknya melalui kode. Ada beberapa kode rahasia yang bisa bisa dicoba untuk mengetahui apakah ponsel yang sedang digunakan sedang disadap orang lain. Melalui kode rahasia *#21#.

Dengan melalui kode tersebut, maka pengguna smartphone bisa mengetahui apakah ada penyadapan pada perangkat. Ketik kode ##002 atau #002# untuk mematikan segala kejahatan para penjahat cyber yang sedang menyerang. Selain kode tersebut, gunakan juga kode *#06# atau *#61# guna sekaligus melacak atau memeriksa nomor panggilan yang tak terjawab.

  1. Mengaktifkan Verifikasi Dua Faktor

Cara mengatasi HP disadap orang berikutnya yang dapat dilakukan adalah dengan cara mengaktifkan verifikasi dua faktor. Verifikasi dua langkah atau autentikasi dua langkah ini berguna untuk menambahkan lapisan keamanan ekstra ke akun jika sandi telah dicuri oleh orang lain.

Verifikasi dua langkah ini mengharuskan pengguna akun untuk memasukkan kode yang telah diberikan saat akan login ke akun seperti akun Gmail, Twitter, Whatsapp dan akun lainnya. Kode ini nanti akan dikirimkan melalui ponsel. Kode ini biasanya dikirimkan melalui SMS, atau bisa dengan menggunakan aplikasi Google Authenticator yang bisa memberikan kode.

Jika ingin membuka akun di perangkat lain seperti laptop, wajib untuk melakukan cara ini. Untuk dapat verifikasi, login terlebih dahulu dengan memasukkan username dan password. Lalu Google akan secara otomatis mengirimkan kode yang berupa 6 digit ke ponsel. Setelah itu masukkan kode tersebut.

  1. Melakukan Hard Restart

Cara yang bisa dibilang cukup efektif untuk mengembalikan HP yang telah disadap adalah dengan melakukan hard restart. Cara mengatasi HP disadap satu ini bertujuan untuk menghapus semua aplikasi yang ada di HP, termasuk aplikasi tersembunyi. Biasanya, para pelaku kejahatan ini memasang aplikasi yang disembunyikan guna meretas informasi tentang korban.

Sebagai pengguna dan pemilik ponsel, sebaiknya pastikan terlebih dahulu apakah ada aplikasi mencurigakan yang tidak pernah diinstall tetapi ada di dalam ponsel. Caranya adalah dengan menekan tombol volume up, tombol home dan power secara bersamaan. Lalu pilih factory reset. Sebaiknya, cara ini dilakukan ketika ponsel memiliki baterai yang cukup karena memakan waktu yang lama.

  1. Cek Penggunaan VPN

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek penggunaan VPN pada ponsel. Virtual Private Network atau VPN ini dapat mengenkripsi jaringan internet, sehingga ada kemungkinan yang besar para penyadap untuk meretas ponsel kita melalui VPN tersebut.

  1. Hubungi Call Center

Cara mengatasi HP disadap terakhir adalah dengan menghubungi call center operator. Para pengguna ponsel dapat menghubungi call center tersebut sesuai dengan provider atau operator yang digunakan dalam ponsel. Namun Anda juga harus hati-hati, pastikan menghubungi nomor resmi mereka.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek apakah ponsel sedang diretas atau tidak. Pastikan untuk memperhatikan apakah ada hal aneh atau apakah ada aplikasi aneh yang tiba-tiba terinstall pada ponsel. Artikel lebih lengkapnya bisa di cek di stophoax.id.