Cara Mengatur Ukuran Kertas Pada Microsoft Powerpoint

Microsoft Powerpoint menjadi salah satu aplikasi yang terdapat dalam deretan Microsoft Office yang sering kali digunakan setiap hari. Apalagi bagi Anda yang suku melakukan presentasi, Microsoft Powerpoint memang penting untuk menampilkan setiap materi yang akan disampaikan kepada audiens.

Jika materi yang sudah disampaikan ingin dibagikan, biasanya Anda memang harus melakukan cetak. Hasil cetakan yang sesuai dengan ukuran kertas juga akan memudahkan pemakai untuk mendapatkan hasil salinan yang sesuai keinginan. Jadi harus diatur lebih dulu supaya hasil cetakan bisa sempurna tidak terpotong bahkan hilang dibeberapa bagian.

Selama ini semua ukuran kertas dari hasil yang ditampilkan oleh Powerpoint memang jarang sekali diatur ulang. Hal ini akan menyusahkan Anda jika ingin mencetak semua file didalam software ini. Kali ini akan dibahas lengkap mengenai cara mengatur ukuran kertas pada microsoft powerpoint apabila Anda belum pernah mengubah ukurannya.

Cara Mengatur Ukuran Kertas Pada Microsoft Powerpoint

Pengguna Microsoft Powerpoint  memang didalam beberapa kepentingan ingin menginginkan ukuran dan jenis kertas menyesuaikan kebutuhan. Selama ini ukuran yang tersedia adalah Letter, A4, Folio, Legal atau Custom. Jika ingin merubah ukuran kertas di Powerpoint, dikutip dari situs rekomendasi komputizen.com berikut ini langkah dan cara mengaturnya.

  • Silahkan masuk terlebih dulu di aplikasi Microsoft Powerpoint melalui PC atau Laptop.

  • Jika sudah, silahkan mulai melakukan pengaturan ukuran kertas dengan masuk menu Design.

  • Setelah itu, untuk memunculkan semua jenis atau ukuran kertas silahkan masuk ke menu Page Setup.

  • Pada menu Page Setup akan muncul pengaturan pilihan yang ingin Anda rubah. Untuk mengatur pilihan jenis kertas silahkan ke menu Slide Sized For. Disana Anda bisa memilih jenis kertas yang ingin digunakan.

  • Apabila masih ada perbedaan ukuran kertas dan ingin menyesuaikan sendiri berdasarkan kebutuhan, silahkan ke menu Width (lebar kertas) dan Height (tinggi kertas). Sesuaikan dengan ukuran yang ingin Anda tampilkan.

  • Jika semua pengaturan ini sudah sesuai dengan keinginan, klik OK. Maka ukuran kertas yang diinginkan serta di tampilkan dalam Powerpoint sudah menyesuaikan kebutuhan.

Ada tambahan yang bisa Anda perhatikan didalam mengatur ulang ukuran kertas di Powerpoint. Karena selama ini semua jenis kertas yang dijual di pasaran terkadang tidak sesuai dengan standard yang ada di pengaturan PC atau Laptop. Ikuti penjelasan berikut ini.

  • Jika ukuran kertas tidak ditampilkan dalam pengaturan, maka Anda bisa memilih pilihan Custom pada ukuran kertas. Dengan catatan silahkan mengatur sendiri ukuran pada kotan Width dan Height dengan mengisikan sesuai ukuran lebar dan tinggi menyesuaikan ukuran kertas yang diinginkan.

  • Sebagai contoh, jika Anda ingin memakai ukuran kertas F4 maka silahkan mengisikan pada kolom Width dengan ukuran 13 inci, serta kolom Height dengan angka 8,5 inci.

  • Jika Anda ingin merubah ukuran kertas ke jenis ukuran lain, silahkan menyesuaikan dengan jenis kertas jika tidak ingin hasil cetakan pres atau terpotong sesuai hasilnya. Mengingat selama ini ukuran A4, Letter, F4 atau lainnya memang harus diperhatikan sebelum dicetak.

Dengan memperhatikan semua ulasan diatas, maka Anda akan semakin mudah dalam mengatur hasil cetak kertas. Apalagi ukuran kertas yang tersedia di kantor atau sekolahan mungkin tidak sesuai dengan harapan. Jadi dengan menguasai cara mengatur ukuran kertas pada microsoft powerpoint seperti penjelasan diatas, Anda akan semakin mudah untuk mendapatkan salinan yang lebih rapi.