Makin Cuan, Yuk Intip Trik dan Cara Meningkatkan Penjualan Di Shopee

Di era modern yang didukung dengan teknologi yang semakin canggih, jualan juga menjadi lebih mudah. Bisnis online misalnya yang saat ini semakin digandrungi juga mudah dilakukan. Anda bisa bergabung dengan marketplace seperti Shopee yang memiliki banyak keuntungan. Selain itu anda juga bisa menerapkan cara meningkatkan penjualan di Shopee agar makin untung.

Keuntungan Bergabung Dengan Shopee

  1. Bisa Menjual Banyak Produk

Sebagai marketplace yang kondang di Indonesia, Shopee menyediakan berbagai kebutuhan. Dengan begitu sebagai penjual anda bisa menjual berbagai produk dengan mudah. Mulai dari menjual alat rumah tangga, pulsa, paket data sampai alat elektronik. Anda bisa menjual yang memiliki pangsa pasar luas dan kalau bisa tidak lekang waktu agar tetap laris.

Tentu saja untuk menentukan produk yang dijual anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Sehingga bisa memilih produk yang bisa menguntungkan, mengingat Shopee sendiri termasuk marketplace yang banyak dikunjungi. Kesempatan untuk meraih cuan yang berlipat tentu akan semakin besar.

  1. Memiliki Pasar yang Luas

Bukan hanya bisa menjual banyak produk, anda juga akan memiliki pangsa pasar yang luas. Siapa yang saat ini tidak memiliki akun shopee pada smartphonenya? Bahkan pasarnya bisa menembus sampai ke luar negeri. Dengan pangsa pasar yang luas, mudah bagi anda untuk menjaring konsumen yang sesuai dengan target konsumen produk anda.

  1. Didukung Sistem

Shopee memang memiliki misi untuk bisa memajukan UMKM yang ada di Indonesia. Untuk mewujudkan misi tersebut, Shopee bersungguh sungguh untuk menghadirkan beragam fasilitas bagi para seller. Nantinya seller bisa membaca informasi juga panduan agar transaksi jual beli lancar. Tentu saja sistem ini akan sangat menguntungkan pada seller.

Selain itu transaksi di Shopee juga terbilang mudah dan menyediakan beragam transaksi. Pembeli akan semakin senang apabila transaksinya begitu mudah. Bahkan mereka tidak akan segan untuk kembali melakukan pembelian lagi. Tersedia metode pembayaran yang semakin memudahkan pembeli dalam transaksi yang juga menjadi keuntungan lainnya.

  1. Menawarkan Program Program Menarik

Untuk memperbanyak pengunjung marketplacenya, Shopee juga menawarkan program program yang menarik. Program yang ditawarkan tidak melulu menguntungkan bagi pembeli tetapi juga seller. Salah satunya yang masih menjadi andalan yakni voucher gratis ongkirnya. Belum lagi masih ada promo promo menarik yang mampu menarik pembeli.

  1. Modal Minim

Tidak ada yang tidak tertarik dengan bisnis yang membutuhkan modal minum tetapi keuntungan yang berlipat. Berjualan secara online anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa toko. Apabila anda menjadi dropshipper, anda juga tidak perlu mengeluarkan modal. Dengan modal yang minim, keuntungan dari bisnis bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis.

Kekurangan Berjualan di Shopee

Selain memiliki beberapa kelebihan, ada beberapa kekurangan yang harus anda perhatikan. Kekurangan tidak selamanya buruk, justru bisa dijadikan sebagai tantangan. Berjualan di Shopee memiliki persaingan yang begitu ketat, karena ada banyak sekali penjual di sana. Produk yang dijual banyak yang mirip, sehingga berlomba lomba di harga.

Apalagi para pembeli biasanya akan memilih berdasarkan harga yang murah. Maka dari itu anda harus tahu cara meningkatkan penjualan di Shopee. Persaingan yang sengit setiap harinya akan membuat para penjual harus memiliki langkah jitu. Belum lagi anda juga harus bersaing dengan para pemilik akun lama yang tentu sudah dikenal lebih dahulu.

Para seller yang sudah lama tentu bisa tampil dalam pencarian yang jauh lebih tinggi. Membuat seller baru harus bekerja ekstra agar bisa masuk dalam pencarian teratas. Sementara untuk program gratis ongkirnya biasanya juga memiliki banyak persyaratan. Beberapa kekurangan jualan di Shopee ini tetap bisa anda usahakan dan perlu tahu taktiknya.

Trik Jitu Untuk Meningkatkan Penjualan Di Shopee

  1. Lakukan Analisa Pasar

Setelah anda menyimak beberapa kekurangannya, anda tentu membutuhkan strategi jitu untuk meningkatkan penjualan di e commerce orange ini. Langkah pertama yang harus anda lakukan yakni melakukan analisa pasar. Analisa pasar sangat penting dilakukan karena nantinya akan menyangkut produk apa yang akan anda jual hingga harga jualnya.

Riset ini juga akan membantu  anda mengetahui kira kira seberapa banyak persaingan yang ada. Untuk mencarinya, anda bisa menggunakan pencarian pada kolom terlaris. Dari sini anda bisa menganalisa apa yang membuatnya menjadi laris. Dari hasil analisa barulah anda bisa menentukan produk apa yang ingin dijual dan juga menentukan harganya.

  1. Memanfaatkan Fitur Pilihan Top

Untuk meningkatkan penjualan, Shopee memiliki fitur Top Picks From Shop. Dengan fitur ini, penjual bisa langsung menambahkan empat sampai delapan produk dalam satu koleksi. Fitur itu terbukti mampu membuat calon pembeli menambahkan lebih banyak produk pada keranjang mereka. yang artinya mampu untuk meningkatkan penjualan secara menyeluruh.

Mengaktifkan fitur Top Picks ini juga tidaklah sulit, silahkan masuk pada pusat penjual setelah itu klik Pusat Pemasaran. Kemudian pilih pilihan Tip dari Alat Pemasaran, dan dilanjutkan klik tambah koleksi. Anda tinggal klik warna hijau untuk menambahkan produk sekitar 4 produk. Sebelum klik aktifkan, anda bisa melihat pratinjaunya lebih dulu.

  1. Bergabung dengan Kampanye

Jika anda ingin meningkatkan penjualan, maka anda harus memanfaatkan semua fitur shopee dengan maksimal. Fitur Shopee My Campaigns salah satunya yang memungkinkan anda bisa menempelkan produk tertentu pada bagian situs web yang banyak dikunjungi. Apalagi kampanye ini juga gratis, tetapi efektif untuk meningkatkan penjualan anda.

Namun perlu diperhatikan jika deskripsi gambar maupun produknya harus layak serta akurat. Selain itu juga memiliki harga menarik serta penjual harus bersedia memberikan diskon 10 sampai 20 persen apabila disetujui. Apabila syarat tersebut tidak dipenuhi, kemungkinan permohonan anda bergabung dengan campaign akan ditolak.

Cara bergabungnya cukup mudah, silahkan anda masuk pada akun Penjual Shopee anda. Silahkan masuk ke Pusat Pemasaran, anda akan menemukan Shopee Event dan dibawahnya ada Campaigns. Perlu anda tahu jika tidak semua bisa dipilih Shopee untuk bisa bergabung di Campaigns ini. Tetapi jika anda bisa bergabung, keuntungannya akan sangat banyak.

  1. Bergabung dengan Flash Sale

Selain program gratis ongkirnya, Shopee juga kondang dengan flash sale nya yang membuat pembeli bisa mendapatkan harga terjangkau. Dan anda juga bisa bergabung dengan flash sale sebagai cara meningkatkan penjualan di Shopee. Penjualan flash akan selalu muncul di beranda, sehingga kemungkinan toko anda didatangi banyak pembeli semakin besar.

Dengan keuntungan tersebut wajar jika banyak yang tertarik dengan program ini. Dimana peluang anda untuk menjual produk terbaik akan semakin lebar. Ada persyaratan yang harus anda penuhi jika ingin bergabung dengan Flash Sale. Yang pertama tentu memperhatikan waktu mulai dan berakhir, mengingat flash sale selalu berhubungan dengan waktu.

Selain itu anda juga harus memiliki stok yang cukup, karena untuk penjualan kilat akan dikurangi dari total stok produk anda. Untuk harga harus sesuai dengan perjanjian nominasi yang juga berefek pada persentase diskon. Dan kriteria berikutnya produk memang termasuk dalam kategori persyaratan yang Shopee berikut untuk penjualan cepat.

Sebenarnya anda tidak bisa bergabung begitu saja, karena ada beberapa hal yang harus anda capai untuk bisa bergabung di Flash Sale. Yang pertama 0 poin penalti, tingkat pemenuhan tinggi tetapi keterlambatan pengiriman rendah, peringkat toko yang bagus dan juga tingkat respon obrolan baik.

Penjual bisa mengambil slot kesepakatan flash dengan cara masuk pada bagian Solusi Penjual SG. Nantinya anda bisa membeli slot yang ingin anda beli. Jika sudah membelinya, anda bisa langsung masuk ke Seller Ceter anda di Pusat Pemasaran. Fitur penjualan flash sale ini akan muncul pada alat pemasaran anda.

  1. Andalkan Voucher

Mendorong pembeli juga bisa dilakukan dengan voucher anda. Semakin banyak produk yang dibeli maka bisa mengambil voucher tersebut. Peluang pelanggan untuk membeli lebih banyak akan meningkat jika anda menggunakan cara satu ini. Ada dua jenis voucher yang bisa anda pilih, yakni voucher produk dan juga voucher toko.

Voucher produk tentu hanya berlaku pada produk tertentu saja. Sementara untuk voucher toko berlaku untuk semua produk yang ada di toko anda. Biasanya dengan syarat harus mengikuti toko anda terlebih dahulu. Menariknya anda juga bisa leluasa mengatur batas voucher yang bisa didapatkan oleh pembeli dalam suatu transaksi.

Untuk membuat voucher, anda bisa masuk pada Seller Center dan ke Click Marketing Center. Dilanjutkan dengan klik Voucher dan anda tinggal memilih membuat voucher baru. Di sinilah anda bisa memilih ingin membuat voucher produk atau voucher toko. Akan muncul form dan anda bisa langsung mengisi detail voucher anda.

Jangan lupa untuk klik simpan jika sudah selesai mengisinya. Voucher produk bisa dirancang eksklusif bisa juga terlihat di semua halaman maupun pada Shopee Live. Voucher juga bisa dibagikan dengan menggunakan kode tertentu. Untuk voucher yang berlaku untuk semua halaman, anda juga bisa melihatnya pada beranda toko anda.

  1. Promosi Dengan Diskon

Tidak hanya menggunakan voucher, diskon juga menjadi salah satu alasan orang tertarik untuk membeli. Diskon yang diberikan bisa berlaku untuk satu produk atau pada beberapa produk tertentu. Pastikan jika anda menetapkan batas pada setiap diskon yang ada. Promosi diskon akan membantu anda untuk meningkatkan penjualan.

Selain itu juga bisa meningkatkan laba tanpa harus menurunkan harga jual. Anda juga tetap bisa kompetitif pada harga dibandingkan dengan penjual lainnya. Alat promosi diskon sebagai cara meningkatkan penjualan di Shopee bisa diatur pada Pusat Penjual dan ke bagian Pusat Pemasaran. Anda bisa memilih promosi Diskon setelahnya.

Langkahnya hampir mirip seperti ketika akan membuat voucher baru. Klik Promosi Diskon Baru dan masukkan nama promosi anda serta periode dari promosinya. Pastikan anda mengatur jangka waktu 24 dari saat membuat promosi. Jika sudah tinggal tambahkan produk yang akan diskon dan jangan lupa klik konfirmasikan.

Bisa dikatakan jika jualan di Shopee itu susah susah gampang. Sebaiknya penjual tidak malas untuk mencari ilmu atau informasi baru agar bisa memaksimalkan semua fiturnya. Selain itu juga mengetahui aturan dari Shopee sehingga anda tidak terjebak. Anda juga bisa menggunakan Aplikasi Kasir untuk memudahkan transaksi jual beli anda.