Menurut Kalian Bagaimana Cara Menjaga Keharmonisan di Lingkungan Sekolah

Di lingkungan sekolah selain sebagai tempat  menuntut ilmu, juga dapat menjadi tempat untuk bersosialisasi dengan teman maupun guru. Biasanya seorang pelajar berasal dari latar belakang yang berbeda seperti suku, ras, dan agama yang beragam.

Oleh sebab itu, sekolah harus menjadi lingkungan yang nyaman dan harmonis bagi anak untuk berinteraksi dengan teman-temannya di sekolah.

Lalu menurut kalian bagaimana cara menjaga keharmonisan di lingkungan sekolah? Simak ulasannya berikut ini!

1.      Menaati Peraturan dan Tata Tertib Sekolah

Cara untuk menjaga keharmonisan di lingkungan di sekolah adalah dengan menaati tata tertib sekolah dan menghormati para guru. Sebaliknya, guru juga harus bersikap adil dan tidak membeda-bedakan murid di sekolah. Karena semua murid memiliki hak dalam mendapat pendidikan yang sama.

2.      Mengutamakan Kepentingan Bersama

Untuk menjaga keharmonisan bersama di lingkungan sekolah, sebaiknya kita perlu mengesampingkan kepentingan pribadi. Selain itu juga tidak memaksakan kehendak atau pendapat kepada teman-teman yang lain.

3.      Membantu teman yang sedang kesusahan

Contoh membantu teman yang sedang kesusahan adalah dengan mengajarkan pelajaran kepada teman yang sulit memahami pelajaran. Jangan sekali-kali mengejeknya tapi justru dibantu supaya lebih memahami pelajaran dengan baik.

4.      Gotong-royong dalam membersihkan kelas

Jadwal piket bertujuan untuk mengajarkan siswa agar lebih mandiri dan disiplin. Selain itu juga dibutuhkan kerja sama antar murid untuk mewujudkan kelas yang bersih dan nyaman sebagai ruang belajar. Tentu hal tersebut dapat menjaga keharmonisan di lingkungan sekolah.