Cara Mudah Mengajari Anak Sikat Gigi

Mengajari anak menyikat gigi merupakan hal yang sangat penting.Sebab, seperti yang diketahui, kesehatan gigi dan mulut menjadi salah satu aspek penting yang harus dijaga. Karena jika gigi si kecil sakit, tentunya si kecil akan malas untuk memakan sesuatu. Kondisi tersebut tentunya dapat memperlambat tumbuh kembang si kecil.

Mengajarkan si kecil untuk selalu menjaga kesehatan gigi bisa disebut gampang-gampang susah. Hal ini dikarenakan, anak-anak kerap kali akan menolak ketika disuruh untuk menggosok giginya. Lantas, bagaimana cara mengajari anak sikat gigi? Nah, berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengajarkan si kecil menggosok gigi:

  • Biarkan si kecil memilih sikat gigi sendiri

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan yaitu dengan membiarkan anak memilih sikat giginya sendiri.Untuk masalah pasta gigi, Andalah yang harus memilihkan pasta gigi khusus untuk anak. Namun, untuk masalah rasa, Anda dapat menanyakan kepada anak Anda rasa apa yang si kecil inginkan.

 

  • Gosok gigi bersama-sama

Saat waktu menggosok gigi tiba, ajak anak Anda untuk menyikat gigi bersama. Sebab, si kecil akan meniru kebiasaan yang dilakukan orangtuanya. Kemudian, ajari anak cara menyikat gigi dengan cara yang benar.

 

  • Jangan terlalu mempermasalhkan teknik menggosok gigi

Kerapkali ditemukan kejadian si kecil menggosok gigi dengan asal meskipun sudah diajarkan berulang kali.Nah, pada saat itu jangan pernah Anda memarahi si kecil.Jangan terlalu permasalahkan hal tersebut.Pasalnya, kebiasaan menggosok gigi adalah hal yang sangat baru bagi si kecil.