Inilah 5 Ciri Ciri Pasar Monopoli Yang Wajib Diketahui

Berikut ini ciri ciri pasar monopoli. Dalam dunia usaha memang kita sering mendengar tentang apa itu pasar monopoli.  Nah pada kesempatan ini akan dibahas untuk anda.

Apa Itu Pasar Monopoli?

Dilansir dari web Yuksinau.id, Pasar Monopoli yaitu suatu kondisi pasar dimana  penjual tunggal menguasai.  Penjual bisa berupa perusahaan dan sebagainya.

Penjual yang memonopoli atau menguasai pasar disebut monopolis. Dengan kekuatan, monopolis bisa menentukan arah pasar,  menentukan harga, bisa menaikan atau menurunkan harga dengan mengkalkulasi jumlah barang.

Jika produk atau barang sedikit, monopolis akan bisa menaikan harga dan jika produk sedikit harga dapat diturunkan menjadi lebih rendah.

Ciri – Ciri Pasar Monopoli

Berikut ini ciri ciri pasar monopoli yang membuatnya beda dengan jenis pasar lainnya.

1. Merupakan Satu Industri atau Perusahaan

Ciri-ciri pasar monopoli yang pertama adalah pemainya satu penjual, industri maupun perusahaan/pemain tunggal, Lalu produk berupa barang atau jasa. Kemudian para monopolis ini memproduksi barang dan jasa yang unik maksudnya tidak ditemukan di pasar lain. Mau tidak mau pembeli harus membelinya disitu.

Ciri ciri perusahaan monopoli dapat menentukan sendiri berbagai persyaratan sementara pelanggan tak bisa negosiasi harga.

2. Tak ada produk Pengganti Serupa

Ciri ciri pasar monopoli kedua adalah tak ada produk pengganti yang serupa. Karena hanya perusahaan monopoli tersebut yang memproduksinya. Jadi pembeli tak bisa mencari produk di tempat lain, tapi hanya tersedia di perusahaan monopolis. Contoh, minyak bumi, listrik yang hanya tersedia di perusahaan khusus. Ini adalah contoh monopoli.

3. Perusahaan Lain Susah Ikut Kompetisi

Ciri ciri pasar monopoli berikutnya adalah perusahaan lain susah ikut kompetisi dalam jualan produk atau jasa di pasar tersebut. Hal ini karena sudah ada perusahaan yang memonopoli pasar.

Perusahaan bisa memonopoli karena punya keunggulan baik dari segi kualitas produk dan jasa, teknologi yang digunakan, hingga modalnya sangat besar jadi susah tertandingi termasuk punya hak hak istimewa seperti legalitas yang tak dimiliki perusahaan lain.

 

4.Berkuasa Menetapkan Harga

Ciri ciri pasar monopoli berikutnya adalah dalam pasar tersebut satu pemain tunggal (perusahaan) berkuasa untuk menentukan harga (price maker) serta dapat menentukan jumlah penjualan sendiri.  Hal ini membuat perusahaan lain tak bisa masuk.

5. Iklan dan Promosi Tak Begitu Penting

Ciri ciri pasar monopoli lainya adalah tak terlalu butuh iklan dan promosi. Karena perusahaan monopolis satu satunya produsen tidak ada saingan dan pembeli pasti beli disitu, jadi tidak perlu promosi. Paling hanya media publikasi dalam rangka menjaga hubungan dengan para pelanggannya.

Penyebab Munculnya Pasar Monopoli

Ada beberapa penyebab munculnya pasar monopoli yang terpusat pada satu perusahaan. Diantaranya adalah perusahaan tersebut punya hak hak istimewa baik secara legalitas yang diberikan oleh pihak Pemerintah untuk menjual produk maupun jasa tertentu.

Misalnya PT. PLN yang punya hak monopoli menjual produk kelistrikan karena diberi hak oleh Negara. Sehingga tidak ada perusahaan pesaing.

Penyebab adanya pasar monopoli lainya adalah perusahaan tersebut punya modal sangat besar, teknologi paling mutakhir dan keunggulan lain sehingga tidak ada yang bisa menyaingi.

Nah itulah tadi informasi tentang ciri ciri pasar monopoli, contoh pasar monopoli dan penyebab pasar  monopoli. Pasar monopoli terjadi apabila suatu  perusahaan punya keunggulan yang tak saingan. Mulai dari unggul di bidang legalitas, kualitas produk dan jasa yang dijual hingga unggul dengan modal sangat besar.