Begini Contoh Caption Text dalam Bahasa Inggris Serta Penjelasannya!

Saat ini, sudah banyak sekali orang yang bisa mengakses sosial media. Baik itu Facebook, Twitter, maupun Instagram. Bahkan, ada banyak sekali foto yang diunggah di media sosial setiap harinya.

Tentunya kamu juga sudah tidak asing lagi dengan tulisan yang ada di bagian bawah foto tersebut bukan? Dimana tulisan tersebut tidak lain merupakan caption text. Nah, untuk lebih jelasnya lagi simak ulasan lengkap mengenai caption text dalam bahasa Inggris berikut ini ya!

Apa itu Caption Text? Ini Jawabannya!

Pada dasarnya, caption text sendiri merupakan salah satu teks singkat yang biasanya digunakan untuk melengkapi suatu gambar. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya tadi bahwa caption text sering muncul di bagian bawah foto. Namun meskipun begitu, caption text tersebut bisa juga muncul di bawah grafik, tabel, maupun poster!

Fungsi utama dari caption ini tidak lain yaitu untuk mendeskripsikan apa makna dibalik gambar, tabel, grafik, dan juga poster itu tadi. Tidak hanya digunakan pada medium itu saja.  Melainkan, caption text ini juga kerap digunakan untuk menuliskan konten artikel, laporan, dan juga esai.

Ini Jenis-Jenis Caption Text Beserta Contohnya

Sama halnya seperti contoh simple future tense, caption text ini juga mempunyai jenis-jenisnya. Dimana yang pertama yaitu berupa identification caption text. Biasanya jenis caption text yang pertama ini digunakan untuk mengidentifikasi setiap orang yang ada dalam gambar tersebut.

Namun biasanya tidak menjelaskan ceritanya. Melainkan, fokus ceritanya identification caption text ini hanya terletak pada kejelasannya saja. Sebagai contoh, “Indonesian badminton player wins gold medal in 2018 Olympics.”

Di sisi lain, ada juga group caption text yang umumnya kerap digunakan untuk menjelaskan banyak gambar. Dalam hal ini, group caption text harus memuat setidaknya dua kalimat per gambar dan juga sertakan kutipan jika perlu.

Lebih jelasnya, group caption text ini menjelaskan gambar mana saja yang akan dijelaskan menggunakan keterangan. Berikut contohnya “Vani and her daughter were seen in English attending a wedding. They both wore pink dresses and were seen entering the venue with Mr Robert and Mrs Stevanie.”

Jenis caption text yang ketiga tidak lain yaitu berupa summary. Dimana nantinya akan ada penjelasan mengenai subjek yang ada di gambar tersebut. Bahkan kegiatan yang dilakukan, waktu, lokasi, dan juga alasan hal tersebut dilakukan juga ikut dijelaskan di sini.

Contohnya “a security personal stands guard at the Pasific de Trequilo and Paralympic Village  on March 5, 2013 ahead of the 2013 Pasific de Trequilo which begin on March 5.

Selain itu, ada juga cutline caption text dimana teks yang satu ini sering ditemukan pada berbagai media. Baik itu media  cetak seperti halnya koran maupun media online.

Dimana fokus utamanya sendiri menjelaskan mengenai subjek yang ada di gambar tersebut dan apa yang sedang dilakukakannya. Berikut contohnya “Rachmawati Soekarnoputri, the second daughter of Sukarno visits residents of the Semarang area of Jawa Tengah on April 27 2013.”

Terakhir, ada juga quote caption text yang berisikan kutipan kalimat dari seseorang yang ada di dalam gambar. Tentunya juga jauh lebih singkat dan mudah untuk diterapkan dalam berbagai macam media.

Kamu bisa menuliskan quote caption text ini di media online.  Misalnya saja quotes caption text dari Thomas Alfa Edition yaitu “genius is 1 % inspiration, 9 % perspiration.”