3 Fakta Menarik Danau Kaolin yang Dulunya Area Pertambangan di Bangka Belitung

Danau Kaolin yang ada di Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, kini menjadi salah satu destinasi yang selalu masuk daftar untuk disinggahi wisatawan. Bagaimana tidak, biru jernih air danau mampu membuat siapapun takjub ketika melihatnya. Namun di balik itu semua ada beberapa fakta menarik mengenai danau ini yang perlu diketahui. Apa saja ?

Fakta Menarik Danau Ikonik di Kepulauan Bangka Belitung

  1. Tidak Terbentuk Secara Alami

Sesuai dengan namanya, danau ini dulu penuh dengan kaolin atau sejenis mineral yang terkandung di dalam tanah. Jadi danau yang super cantik tersebut memang tidak berasal dari kawah gunung secara alami. Dulunya area ini adalah bekas pertambangan kaolin yang kemudian ceruk ceruknya diisi air hingga menjadi danau dan terlihat indah seperti sekarang.

  1. Kembaran Kawah Putih Ciwidey

Banyak yang berpendapat bahwa danau di Kepulauan Bangka Belitung ini merupakan kembaran dari Kawah Putih Ciwidey, karena penampakannya memang sekilas hampir mirip. Akan tetapi di sini anda tidak akan mencium bau belerang dan airnya pun tidak panas seperti Danau Kawah Putih di Ciwidey Bandung.

  1. Warna Airnya Beragam

Satu hal yang unik bisa anda temukan di danau ini yaitu warna airnya beragam. Tidak hanya biru, namun danau juga bisa memiliki warna hijau gelap dan cokelat. Itu karena ada banyak lubang galian tambang yang mempunyai kedalaman beragam. Untuk air yang berwarna biru muda mengindikasikan lubang berumur muda (sekitar 10 tahun), sementara warna hijau gelap dan cokelat adalah lubang yang sudah tua.

Penasaran seperti apa pesona danau ikonik yang ada Kepulauan Bangka Belitung tersebut setelah melihat fakta fakta uniknya ? Langsung saja rencanakan liburan anda berikutnya ke destinasi satu ini. Karena letaknya masih tergolong dekat dengan pusat Kota Tanjung Pandan, anda tidak akan sulit menemukannya.