Ukuran Akuarium Budidaya dan Pelihara Ikan Guppy Yang Terbaik

Ikan guppy merupakan salah satu ikan hias air tawar yang memiliki bentuk, corak dan warna yang sangat cantik. Karena warna dan motif dari ikan guppy yang semakin beragam dan berwarna-warni, sehingga tidak heran jika ikan hias ini selalu banyak peminatnya.

Tetapi untuk memelihara atau budidaya ikan guppy kamu juga harus memperhatikan ukuran akuarium yang tepat. Sehingga ikan guppy yang dipelihara bisa tetap sehat, bebas dari penyakit dan mudah berkembang biak.

Walaupun cara budidaya ikan guppy banyak metodenya seperti budidaya ikan guppy di akuarum, di ember, di box sterofoam, kolam semen, kolam terpal dan lainnya. Tetapi budidaya dan pelihara ikan guppy di akuarium masih menjadi pilihan banyak orang.

Lalu Berapa Ukuran Akuarium Budidaya dan Pelihara Ikan Guppy Yang Terbaik?

Untuk budidaya dan pelihara ikan guppy, ukuran akuarium yang terbaik ada berukuran sedang atau tergantung dari jumlah ikan guppy yang dipelihara.

  • Ukuran akuarium 1 meter x 50 cm x 30 cm bisa menampung untuk 30 sampai 40 ekor ikan guppy atau 15 sampai 20 pasang ikan guppy.
  • Jika kamu hanya memelihara dan ingin budidaya ikan guppy sepasang atau dua pasang ikan guppy, bisa menggunakan akuarium ukuran 30 cm x 25 cm x 25 cm.
  • Untuk akuarum budidaya dan pemeliharan ikan guppy anakan bisa menggunakan ukuran 60 cm x 30 cm x 30 cm. Atau tergantung dari indukan yang kamu miliki, karena nantinya menyesuaikan anakan yang dihasilkan dari proses budidaya ikan guppy.
  • Setiap akuarum harus dijaga kebersihannya, harus wajib untuk diganti air minimal seminggu 1-2 dua kali. Pastikan kamu hanya menguras 30%-40% airnya saja jangan diganti 100%. Dan tambahkan dengan air baru yang sudah diendapkan minimal semalam atau 1 hari.
  • Pastikan juga setiap akuarium hanya diisi satu jenis ikan guppy, baik di akuarum budidaya ataupun akuarium anakan. Agar genetik ikan guppy tidak tercampur dan membuat genetiknya rusak.