Jembatan Kaca

Jembatan kaca adalah jembatan yang terbuat dari material transparan berupa kaca. Jembatan yang terbuat dari material ini dapat ditemukan di lebih dari satu tempat di Indonesia, terutama di beberapa kawasan objek wisata.

Misalnya Kampung Warna-Warni di Kota Malang, Jembatan Kaca Berendeng di Tangerang, Patung Yesus Memberkati di Tana Toraja, Caping Park di Baturraden, serta di Pantai Nguluran, Gunung Kidul.

Jembatan yang terbuat dari kaca di Kampung Warna-Warni, Kota Malang memiliki panjang sekitar 20 meter dan lebar 1,25 meter. Jembatan ini dibangun di ketinggian 9,5 meter melintasi Sungai Brantas dan disebut-sebut sebagai jembatan pertama di Indonesia yang terbuat dari material kaca.

Jembatan yang terbuat dari kaca juga dapat ditemukan di Tangerang, tepatnya jembatan yang menghubungkan Tangerang Timur dan Tangerang Barat dengan membelah aliran Sungai Cisadane. Tidak semua bagiannya terbuat dari kaca, namun bagian jembatan yang berupa anjungan dan beberapa jalur untuk pejalan kaki memang terbuat dari kaca.

Di Tana Toraja, jembatan yang terbuat dari kaca tempered glass dapat ditemukan di objek wisata religi Patung Yesus Memberkati. Panjang jembatannya adalah 90 meter dan hanya dapat diakses dengan menggunakan alas kaki khusus.

Khusus di Caping Park dan Pantai Nguluran, jembatan yang dimaksud bukan benar-benar jembatan, melainkan hanya semacam teras yang terbuat dari kaca.