Ketahui Jenis-jenis Premi Asuransi dan Tujuannya

Premi asuransi dikenal sebagai sebuah nilai atau biaya tanggungan yang harus dibayarkan sesuai dengan jatuh tempo. Jika diamati, premi untuk asuransi biasanya dibayarkan setiap satu bulan sekali.

Jenis-jenis Premi Asuransi

Jenis-jenis premi ada kaitannya dengan jenis-jenis asuransi pula. Jika orang tersebut memiliki asuransi jiwa maka harus melakukan premi asuransi jiwa juga. Begitu juga dengan asuransi yang lain, mereka juga akan dikenakan premi. Berikut jenis-jenis premi yang wajib diketahui:

  1. Premi Asuransi Jiwa

Premi asuransi jiwa merupakan sebuah biaya yang ditanggungkan untuk masa depan dan berkaitan dengan jiwa. Ibaratkan seperti harta warisan, jika seseorang meninggal dunia maka premi tersebut menjadi hak keluarga yang ditinggalkan. Premi asuransi jiwa aturannya yaitu semakin tinggi biaya yang menjadi tanggungan maka premi yang dibayarkan juga semakin besar.

  1. Premi Asuransi Kecelakaan

Semua orang tidak akan pernah tahu kapan musibah itu datang. Jika harus dirawat dirumah sakit dan sudah memiliki asuransi maka akan jauh lebih tenang. Tanggungan biaya asuransi yang harus dibayarkan akibat kecelakaan tersebut yang dinamakan premi asuransi kecelakaan. Ini bisa di klaim ketika terjadi kecelakaan dan digunakan untuk membayar biaya rumah sakit dan pengobatan. Jadi, tidak perlu khawatir lagi tentang biaya yang harus dikeluarkan.

  1. Premi Asuransi Kesehatan

Hampir sama dengan premi asuransi kecelakaan, premi asuransi kesehatan ini diperuntukkan menanggung biaya yang berkaitan dengan rumah sakit. Lebih tepatnya untuk biaya masalah kesehatan pribadi. Sehingga sewaktu-waktu sakit, maka premi tersebut dapat digunakan.

  1. Premi Asuransi Perjalanan

Premi asuransi perjalanan merupakan sejumlah tanggungan yang harus dibayarkan untuk mendapatkan asuransi perjalanan. Asuransi ini biasa diperuntukkan untuk orang yang sering melakukan perjalanan jauh. Apalagi untuk kebutuhan pekerjaan.

Premi asuransi perjalanan sendiri dibagi menjadi dua, yakni perjalanan nasional dan perjalanan internasional. Adapun untuk pembayaran asuransi ini hanya satu kali saja yaitu ketika melakukan pembelian tiket perjalanan.

  1. Premi Asuransi Pendidikan

Premi yang dibayarkan tentu akan berguna untuk anak di masa depan. Jika saat anak pengin sekolah dan tiba-tiba sedang tak memiliki biaya sama sekali disitulah premi asuransi pendidikan berperan. Mengingat setiap tahun biaya pendidikan makin mahal.

Tujuan Membayar Premi Asuransi

Pada ulasan berikut akan dijelaskan lebih detail mengenai tujuan membayar premi asuransi, simak ulasan di bawah ini agar Anda dapat mengetahui lebih dalam tentang tujuannya:

  • Untuk Menjamin Perlindungan Diri

Premi asuransi biasanya dibayar satu bulan sekali. Meskipun demikian tujuannya agar bisa memperoleh jaminan keamanan atau perlindungan diri. Membayar premi asuransi sama saja dengan menyiapkan dana darurat yang tidak terduga sebelumnya.

  • Untuk Mendapatkan Pemerataan Biaya

Pembayaran premi asuransi rata-rata dilakukan secara rutin dalam waktu sebulan. Tanpa sadar Anda telah menabung untuk biaya musibah yang mungkin saja terjadi. Mengingat kerugian yang tak terduga bisa menimpa siapa saja dan kapan saja.

  • Tabungan Untuk Masa Depan

Uang yang dibayarkan sebagai ganti premi tersebut bisa menumpuk apabila tidak digunakan. Jika masa asuransi sudah habis maka bisa diambil dan diuangkan. Tentu saja ini sangat berguna celengan masa depan.

Setiap asuransi yang dimiliki tentu akan dikenakan premi. Tanggungan premi biasanya dilakukan setiap sebulan sekali atau kalau tidak dilakukan sesuai dengan kesepakatan perusahaan asuransi.

Jika Anda program asuransi terbaik maka bisa bergabung dengan Sickforprofit.com.

Ini merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan layanan asuransi yang terbaik dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.