Kereta Api Serayu

Kereta Api (KA) Serayu adalah kereta api penumpang kelas ekonomi yang sudah beroperasi sejak tahun 1990-an. Kereta api yang masih beroperasi hingga sekarang ini melayani rute Purwokerto–Pasar Senen (PP), tetapi mengambil rute memutar via Bandung.

Oleh karena itulah Kereta Api Serayu menempuh jarak hingga 745 km dalam sekali perjalanan dengan waktu tempuh rata-rata mencapai 11 jam 44 menit.

Nama kereta api ini diambil dari nama Sungai Serayu, yaitu sungai besar di Jawa Tengah yang membelah Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, dan Kabupaten Cilacap. KA Serayu dapat menampung 106 penumpang yang disusun dalam format 3–2 dengan kursi saling berhadapan.

Sebagai kereta api kelas ekonomi, harga tiket KA Serayu relatif murah, yaitu berkisar Rp63.000–Rp67.000 per penumpang. Tentunya, harga tiket ini sangat tergantung dari jarak yang akan ditempuh penumpang.

Kereta Api Serayu memiliki sejarah yang panjang. Dimulai dari Kereta Patas Bandung–Jakarta yang beroperasi sejak tahun 1950-an kemudian rute perjalanannyadisusun ulang hingga Banjar sehingga namanya berubah menjadi Patas Banjar–Manggarai.

Pada 1980-an, kereta api ini kemudian mengalami pemanjangan rute lagi hingga Sidareja sehingga disebut Cepat Sidareja. Pemanjangan rute kembali terjadi hingga Kroya dan namanya pun berubah menjadi KA Serayu. Per 1 Maret 2022, KA Serayu menambah pemberhentian di Stasiun Cikarang.