Kupang Keraton Kuliner Khas Pasuruan yang Unik dan Mewah

Siput laut berukuran kecil yang disebut di daerah Jawa dengan sebutan kupang sering sekali digunakan menjadi bahan makanan yang dipadukan dengan ketupat. Kupang kraton sendiri merupakan modifikasi khas Pasuruan untuk jenis makanan ini. Kupang tetap menjadi bahan makanan utama dan tambahan lontong sebagai karbohidrat untuk makanan tersebut. Bentuk makanan masih mirip dengan kupat dan sering juga dipadukan dengan telor rebus sebagai pelengkap protein.

 

Makanan ini memiliki rasa yang pedas dan manis dengan skala ukuran berbeda beda sesuai dengan warung tempat membeli makanan tersebut. Biasanya rasa pedas ini berasal dari gula dan cabe yang menjadi bumbu utama dari Kupang Keraton. Tapi untuk cita rasa terbaik Kupang Keraton akan ditambahkan dengan bumbu petis udang sehingga makanan ini memiliki cita rasa seafood yang begitu kental. Makanan ini banyak ditemukan di daerah Jawa tapi modifikasi kupang dari Pasuruan ini jelas layak dicoba untuk penggemar kuliner sederhana.

 

Makanan ini cocok untuk dijadikan sarapan. Ketika disajikan mungkin bahan makanan lain tidak akan terlihat jelas karena tertutup dengan kupang. Makanan ini sering ditemukan di warung-warung baik dengan ukuran besar dan kecil. Ada banyak tempat terkenal yang menyajikan kupang di Pasuruan dan makanan ini masih menjadi salah satu daya tarik wisata kuliner karena dianggap berbeda dengan masakan kupang dari daerah lain.