Resep dan Cara Membuat Kulit Kebab

 

Di Indonesia kita tidak hanya bisa menikmati kuliner khas nusantara saja, tetapi saat ini banyak kuliner dari luar negeri baik dari China, Jepang, Thailand, Korea,  Eropa dan Negara Timur Tengah masuk ke Indonesia.

Dan salah satu kuliner khas Negara Timur Tengah yang populer di Indonesia adalah kebab. Kebab merupakan salah satu makanan cepat saji yang memiliki kulit kebab di bagian luarnya, di dalamnya terdapat olahan daging sapi panggang, ada aneka sayuran segar ditambah mayones dan saos.

Dan jika saat ini kamu sedang tertarik untuk membuat kebab sendiri di rumah, tetapi bingung membeli kulit kebab dimana. Jangan khawatir, karena kamu bisa membuat kulit kebab atau kulit tortila sendiri di rumah dengan mudah.

Resep dan Cara Membuat Kulit Kebab Mudah dan Pratkis

Jadi untuk kamu yang ingin membuat kebab sendiri di rumah, langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah membuat kulit kebabnya terlebih dahulu. Berikut ini ada beberapa resep dan cara membuat kulit kebab mudah dan praktis.

Resep 1

Bahan:

  • Tepung terigu 250 gram

  • Garam 1/2 sdt

  • Baking soda 1/2 sdt

  • Gula pasir 1/2 sdt

  • Minyak goreng 3 sdm

  • Susu cair hangat 100 ml

Langkah-Langkah Membuat Kulit Kebab :

  1. Langkah pertama kamu campur semua bahan yang disiapkan di atas kecuali susu cair. Lalu kamu aduk rata dan kamu tuangkan susu cair sedikit demi sedikit ke adonan.

  2. Lalu kamu uleni adonan tersebut sampai menjadi kalis dan kamu diamkan kurang lebih selama 30 menitan.

  3. Kemudian kamu mengabil adonan yang telah dibuat, kemudian dibulat-bulatkan. Setelah itu kamu pipihkan menggunakan rolling pan sampai bentuknya tipis.

  4. Lanjutkan dengan memanggang adonan yang sudah jadi ke teflon yang sudah dipanaskan sampai adonan berwarna kecoklatan.

  5. Jika sudah kamu angkat dan dinginkan, maka adonan kulit kebab sudah matang dan siap untuk kamu beri isian sesuai dengan resep kebab yang kamu inginkan.

Resep 2

Bahan:

  • Tepung terigu protein tingggi 250 gram

  • Air 150 ml

  • Minyak 2 sdm

  • Garam 1/2 sdt

Langkah-Langkah membuat kulit kebab:

  1. Langkah pertama kamu harus mencapur tepung terigu bersama air dengan menggunakan mixer dengan mata spiral agar mudah tercampur merata.

  2. Kemudian jika sudah tecampur, masukan 2 sendok makan minyak dan garan ½ sendok dan kamu campur lagi sampai adonan menjadi kalis.

  3. Lanjutnyan dengan menutupnya menggunakan serbet atau plastik wrap selama kurang lebih 30 menit.

  4. Lalu kamu timbang adoanan dengan berat sekitar 35 gram dan kamu giling menggunakan rolling pan agar membentuk melebar dan pilih.

  5. Jika donan sudah dibentuk, langkah selanjutnya adalah memanggang adonan sampai kecoklatan di teflon anti lengket.

  6. Ketika sudah matang semua, silahkan lanjutkan dengan membuat isian dari kebab yang ingin kamu buat sendiri di rumah.

Jadi itulah tadi 2 resep membuat kulit kebab sendiri di rumah dengan bahan yang mudah didapatkan di warung. Jika kamu sudah selesai membuat kulit kebab, maka kamu harus melanjutkan ke step membuat isian kebab dengan mengolah daging sapi dan memanggangnya, memotong-motong sayuran yang ingin digunakan untuk isian, dan menyiapkan mayones dan saos.

Jika semuanya sudah lengkap, terakhir kamu masukan isian ke dalam kulit kebab. Dan kamu siapkan wajan datar untuk menggoreng kebab kembali menggunakan blueband agar kulit kebab menjadi lebih renyah dan gurih. Dan terakhir tinggal memasukan kebab ke kemasan kebab, jika kamu ingin mejualnya.