Yuk Cari Tahu Ini Dia 12 Macam Mainan di Playground Anak Kamu!

Jika membicarakan masalah anak pasti yang ada dipikiranmu mainan bukan? Mainan ini bisa kamu temukan dengan mudah, salah satunya di playground. Bila membahas masalah mainan yang ada di playground, maka tidak akan ada habisnya. Berikut ini ada 12 macam mainan di playground anak kamu yang wajib untuk diketahui.

10 Macam Mainan di Playground Buah Hati

  1. Mainan Ayunan

Salah satu mainan anak yang banyak ditemukan jika kamu mengunjungi playground adalah ayunan. Mainan yang satu ini menjadi salah satu yang favorit bagi buah hati. Selain menyenangkan, nyatanya untuk ayunan ini juga sangat baik untuk buah hati, terutama magi ia yang masuk di usia balita.

Dikatakan bagus untuk buah hati  karena ia memiliki peran penting dalam mengasah keseimbangan dan juga kontrol tubuhnya. Jangan salah, dengan menggunakan mainan yang satu ini juga mampu menjaga koordinasi antara bagian tubuh satu dengan lainnya. Koordinasi ini juga penting karena akan mempengaruhi tumbuh kembang buah hati.

Tidak hanya itu saja, nyatanya untuk ayunan ini juga melatih konsentrasi. Mengapa ini bisa terjadi? Sebab dengan bermain ayunan kamu bisa menjaga keseimbangan tubuh dan juga feeling seberapa kencang dorongan yang nantinya bakal dihentikan. Dengan langkah ini maka hal ini mampu melatih motorik anak secara lebih signifikan.

  1. Bermain Perosotan

Macam mainan di playground anak yang bisa kamu temukan selanjutnya perosotan. Jenis mainan perosotan ini juga menjadi salah satu pilihan yang banyak diminati oleh semua kalangan anak-anak. Tidak hanya di playground, nyatanya untuk perosotan ini juga bisa nada temukan di playgroup, TK, dan masih banyak yang lainnya.

Jangan salah, dengan bermain perosotan ini juga memberikan banyak nilai positifnya. Ada yang tahu apa saja nilai positifnya? Jadi berbagai macam nilai positifnya adalah mampu meningkatkan koordinasi tubuh dan juga menjaga keseimbangan. Hal ini bisa terjadi lantaran pada saat menaiki tangga sebelum meluncur maka akan membutuhkan koordinasi mata, tangan, dan juga kaki.

  1. Jenis Permainan Jungkat Jungkit

Pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan permainan jungkat jungkit? Terlebih bagi kamu yang saat ini tengah mempunyai balita. Jelas mainan ini bisa anda temukan dengan mudah baik di sekolah untuk taman kanak-kanak ataupun playground. Jenis permainan ini sangat seru karena bisa dimainkan berpasangan.

Sesuai dengan sistem permainan jungkat jungkit, dimana macam mainan di playground anak tersebut bisa melatih buah hati untuk kerja sama dengan pasangannya dalam memainkannya. Hampir sama dengan sebelumnya, dimana untuk permainan jungkat jungkit ini juga bisa melatih koordinasi dan juga keseimbangan.

Koordinasi dan keseimbangan ini akan bertumpu pada bagian kaki dan tangan. Dimana pergerakan tangan dan kaki berguna untuk mengayunkan jungkat jungkit di area partner. Dengan cara ini, maka otot tangan, kaki, dan juga tubuh juga akan bekerja. Oleh karena itu, selain buah hati senang juga mampu membuatnya lebih sehat.

  1. Permainan Tiang Gelantung

Tiang gelantung adalah salah satu permainan yang banyak ditemukan di playground. Pada dasarnya permainan yang satu ini tidak hanya digemari para balita saja, namun juga remaja hingga kaum yang sudah dewasa. Ada yang tahu mengapa permainan ini banyak digemari? Sudah jelas selain menyenangkan ia juga mampu menjaga kesehatan otot tubuh manusia.

Permainan ini juga bisa digunakan sebagai ajang olahraga. Bagaimana tidak? Sebab dengan salah satu macam mainan di playground anak ini juga mengandalkan kekuatan di area tangan dalam memainkannya. Namun sebelum akhirnya memainkan tiang gelantung ini, maka alangkah baiknya untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu agar tidak kram.

Tidak hanya itu saja, asal kamu tahu, bahwa jika buah hati yang ingin memainkan tiang gelantung juga harus mendapatkan pengawasan dari orang tua. Sebab pada dasarnya tulang anak ini masih rawan, takutnya anak bergerak terlalu aktif tanpa tau resiko yang diakibatkan nya. Maka dari itu, jika anak bermain pastikan orang tua terus mendampinginya.

  1. Game Seru Panjat Dinding

Jalan-jalan ke playground pasti sudah pasti bakal menjumpai jenis permainan keren panjat dinding yang satu ini bukan? Menjadi salah satu permainan yang banyak diminati membuat jenis game panjat dinding ini menjadi salah satu permainan seru bagi buah hati. Sama seperti sebelumnya, dimana untuk panjat dinding ini tidak hanya digemari kalangan anak-anak saja namun juga remaja hingga dewasa.

Umumnya salah satu macam mainan di playground anak panjat dinding ini menjadi salah satu permainan yang banyak diminati oleh anak laki-laki yang cenderung cukup aktif. Pada dasarnya untuk panjat dinding ini masuk dalam jajaran game yang ekstrim. Bagaimana tidak sebab ia membutuhkan keberanian dan juga kekuatan tangan serta kaki yang cukup.

Bagi kamu yang ingin memainkan game ekstrim ini juga harus siap mental dan pastinya juga tidak takut dengan ketinggian. Sebaliknya bagi kamu yang takut dengan ketinggian maka pastikan untuk tidak coba-coba untuk main permainan yang ada di playground ini sebab ditakutkan terjadi hal yang tidak diinginkan.

Namun bagi kamu yang memiliki keberanian kuat, maka tidak ada salahnya untuk memainkan panjat dinding. Sebab selain menantang ia juga memiliki banyak manfaat. Dimana dengan bermain panjat tebing akan melatih mental, dan juga koordinasi di area tangan serta kaki. Tidak hanya itu saja, namun dengan bermain panjat dinding ini ia juga mampu menjaga keseimbangan tubuh.

  1. Tubes

Salah satu macam mainan di playground anak yang wajib untuk kamu ketahui selanjutnya adalah tubes atau tabung. Mungkin banyak yang beranggapan jika game tubes yang bisa di temukan di playground ini tidak memiliki efek apapun. Namun pada faktanya game ini menawarkan banyak sekali manfaat dan juga efek yang signifikan bagi buah hati.

Pada dasarnya bermain mainan playground ini telah mengharuskan buah hati untuk merangkak guna melewatinya. Mungkin jika dilihat hanya kegiatan merangkak saja, namun pada faktanya dengan merangkak saja ini mampu melatih dan juga menstimulasi kekuatan dan juga koordinasi tubuh bagi buah hati.

  1. Permainan Spring Rider

Jenis permainan yang banyak ditemukan dan diminati oleh semua kalangan masyarakat adalah spring rider. Permainan yang satu ini mungkin bisa dikatakan asing untuk beberapa tempat tertentu, terlebih jika kamu tinggal di area pedesaan. Namun bila nada tinggal di area perkotaan bakal bisa lebih mudah menemukannya.

Pada dasarnya salah satu macam mainan di playground anak mainan yang satu ini biasa juga disebut dengan istilah kursi pegas yang bisa dimainkan dengan cara maju mundur. Jangan salah, mainan yang satu ini juga bisa dikatakan sangat simpel namun di satu sisi juga menawarkan banyak sekali manfaat yang ditawarkan, terlebih bagi buah hati.

Ada yang tahu apa saja manfaat yang ditawarkan? Jadi berbagai macam manfaat yang ditawarkan ini antara lain adalah baik untuk tumbuh kembang anak-anak. Dengan memainkan spring rider juga bermanfaat untuk melatih indera proprioseptif dan juga vestibular pada saat tubuh mulai bergerak.

  1. Ring Basket

Pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan ring basket? Permainan yang satu ini tidak hanya digemari oleh anak-anak saja, namun juga orang dewasa. Selain menyenangkan, kenyataannya untuk permainan yang memanfaatkan ring basket ini akan membantu kinerja sistem motorik dan juga sensorik pada buah hati.

Dengan cara bermain aktif dan terus berlari bakal melatih fisik pada diri anak. Tidak hanya itu saja, saat melakukan tembakan di bagian ring pada macam mainan di playground anak satu ini juga bakal melatih feeling anak yang bagus untuk tubuh. Dengan berbagai macam kelebihan dan juga manfaat yang ditunjukkan, maka rasanya tidak heran permainan basket menjadi pilihan tepat untuk buah hati.

  1. Rumah- Rumahan

Jenis permainan yang banyak diminati lainnya kini datang dari rumah-rumahan yang umumnya bisa di temukan di mall-mall. Bahkan permainan yang satu ini juga sangat direkomendasikan untuk melengkapi ruang bermain untuk buah hati. Bahkan dalam sebuah studi menunjukkan bahwa permainan ini sangat cocok bagi ibu yang mempunyai anak perempuan.

Salah satu macam mainan di playground anak atau rumah-rumahan ini juga bisa nyata untuk buah hati jika ibu melengkapinya dengan berbagai macam ornamen dan perabotannya. Berbagai macam perabotan ini mulai dari perkakas rumah tangga, alat dapur, kamar tidur, dan masih banyak yang lainnya. Dengan begitu, maka anak-anak juga bisa memvisualisasikan bangunan rumah-rumahan menjadi nyata.

  1. Mobil-Mobilan yang Bisa Dinaiki

Mobil mainan yang bisa digunakan untuk perjalanan juga masuk jajaran permainan yang banyak diminati oleh anak-anak. Terlebih bagi mereka yang pada dasarnya aktif. Jangan khawatir, mainan ini selain digunakan indoor juga bisa dilakukan outdoor dan tentunya juga ramah lingkungan.

  1. Susunan Ban Warna Warni

Jika kamu sering mengantar buah hati di taman kanak-kanak atau playgroud maka pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya susunan ban warna warni bukan? Biasanya jenis ban yang digunakan ini pada salah satu macam mainan di playground anak ini cenderung memiliki ukuran yang besar, misalnya saja ban truk bekas dan sudah tidak dipakai lagi.

Pengecatan pada permukaan ban ini dilakukan dengan berbagai tujuan tertentu. Selain membuat tampilannya lebih menarik bagi anak-anak, nyatanya untuk ban yang sudah dicat warna warni ini juga mampu menjadi salah satu solusi untuk menghindari pakaian anak kotor karena warna hitam pada ban bekas.

Lalu bagaimana dengan cara bermainnya? Ada yang tahu? Jadi cara bermainnya bisa dikatakan cukup mudah dengan menyusun ban warna warni dengan bentuk memanjang. Setelah itu, maka nanti anak-anak bisa mencoba masuk melalui berbagai area lubang-lubang ban. Dengan cara ini selain menyenangkan juga bakal membuat si kecil lebih aktif dan terlatih daya pikirnya.

  1. Permainan Jaring Laba-Laba

Pasti sudah tidak asing juga dengan permainan jaring laba-laba bukan? Salah satu macam mainan di playground anak ini menjadi daya tarik tersendiri bag buah hati. Selain menyenangkan dan menantang, nyatanya untuk jaring laba-laba ini juga akan melatih adanya keseimbangan dan juga keberanian bagi si kecil.

Kesimpulannya adalah bahwasannya ada 12 jenis permainan di playground anak yang bisa menjadi pilihan buah hati. Keduabelas jenis permainan yang di maksud ini antara lain adalah ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, tiang gelantung, panjat dinding, tubes, spring rider, ring basket, rumah-rumahan, mobil-mobilan yang bisa dinaiki, ban warna-warni, dan juga jaring laba-laba. Anda bisa membeli playgound anak sendiri di jual playground anak.