Bacaan Niat Sholat Idul Adha dan Cara Mengerjakannya

Sholat idul adha adalah salah satu sholat sunnah yang dikerjakan pada hari raya umat islam, yaitu hari raya idul adha pada 10 Zulhijah. Hukum sholat ini yaitu sunnah muakkad atau sangat dianjurkan, baik untuk muslimin maupun muslimah. Oleh karena itu, yuk hafalkan niat sholat idul adha berikut dan ketahui cara mengerjakannya.

Niat Mengerjakan Sholat Idul Adha

Sholat idul adha tidak diawali oleh adzan serta iqamah, namun dengan seruan ‘Asholaatul jaam’iah’ yang dikumandangkan oleh Bilal. Adapun bacaan niatnya yaitu “USHOLLI SUNNATAN ‘IIDIL ADHAA ROK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI (IMAAMAN/MAKMUMAN) LILLAAHI TA’AALAA”. Artinya adalah “Aku niat sholat sunnah idul adha dua rakaat menghadap kiblat (sebagai imam/makmum) karena Allah Ta’ala”.

Sholat idul adha memang utamanya dikerjakan secara berjamaah di masjid. Meski begitu sholat idul adha ini juga bisa dikerjakan seorang diri di kediaman maupun saat sedang bepergian (musafir). Sehingga bacaan niatnya tidak perlu menggunakan IMAAMAN atau MAKMUMAN.

Cara Mengerjakan Sholat Idul Adha

Cara mengerjakan sholat idul adha mirip dengan sholat idul fitri, yang pelaksanaannya dilakukan dua rakaat. Setelah membaca niat dilanjutkan dengan takbiratul ihram. Kemudian seperti biasa membaca doa Iftitah. Setelah itu, dilanjutkan membaca takbir sebanyak 7 kali di rakaat pertama. Berikut membaca surat Al Fatihah dan sholat seperti biasa.

Untuk rakaat kedua, takbir dibaca sebanyak 5 kali dengan mengangkat tangan mengucapkan ‘Allahu Akbar’. Bacaan takbirnya sama seperti di rakaat pertama, “Subhanallah, walhamdulillah, walaa ilaaha illallah wallahu akbar”.  Setelah itu dilanjutkan seperti sholat biasa sampai salam.

Demikian niat dan cara mengerjakan sholat idul adha. Sholat ini hukumnya sangat dianjurkan meskipun tidak wajib, jadi sebisa mungkin sebaiknya anda kerjakan untuk memperoleh pahala melimpah. Adapun waktu pelaksanaannya yaitu setelah matahari terbit sampai masuk waktu zuhur.