Beberapa Penyebab dan Pencegahan Nyeri di Dada Kiri

Nyeri yang terjadi di dada bagian kiri membuat penderita akan merasa tertusuk dan tertekan sehingga tidak bisa beraktivitas dengan baik. Rasa nyeri yang muncul di dada kiri dapat disebabkan oleh berbagai macam gangguan kesehatan. Salah satunya adalah patah tulang rusuk yang diakibatkan oleh benturan. Selain itu, penyakit seperti cacar ular juga bisa menyebabkan seseorang mengalami rasa nyeri di bagian dada kiri.

Seseorang yang mengalami serangan kepanikan secara berlebih dan mendadak juga memiliki resiko yang besar untuk merasakan nyeri di bagian dada kiri. Gangguan kesehatan yang terjadi pada sistem pencernaan seperti GERD juga bisa menjadi penyebab terjadinya rasa nyeri di bagian dada kiri. Selain itu, beberapa penyakit paru – paru seperti pneumonia, emboli paru – paru, dan hipertensi pulmonal juga menjadi beberapa penyakit penyebab rasa nyeri di bagian dada kiri.

Untuk mencegah terjadinya rasa nyeri di bagian dada kiri, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh masyarakat. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan memiliki kandungan nutrisi seimbang. Selain itu, masyarakat juga disarankan untuk melakukan olahraga secara rutin minimal 30 menit setiap harinya. Menghindari konsumsi minuman beralkohol juga menjadi salah satu cara untuk mengatasi rasa nyeri dan sakit di bagian dada kiri. Perilaku hidup sehat yang lain seperti tidak merokok, beristirahat dengan cukup serta makan dengan jadwal teratur bisa membantu mencegah rasa nyeri yang muncul di dada kiri.