Obat Perut Kembung Yang Efektif Berdasarkan Penyababnya

Perut kembung termasuk dalam masalah gangguan pencernaan yang merupakan gejala yang sering dialami semua orang setiap harinya. Walaupun jarang menyebabkan pernyakit yang berbahaya, namun perut kembung bisa menimbulkan ketidaknyamanan bagi penderita saat beraktivitas sehari-hari.

Penyebab Perut Kembung

Ada banyak penyebab kondisi perut kembung seperti karena nutrisi yang tidak tepat (makan makanan setengah matang), banyak minum alkohol, bir, makan terburu-buru, tidak mengunyah dengan baik atau tidak aktif misalnya, setelah makan, langsung berbaring di tempat tidur, memiliki penyakit pada saluran pencernaan seperti penyakit gastrointestinal contohnya sindrom lambung, penyakit refluks gastroesofageal, radang usus besar, atau sindrom iritasi usus besar.

Obat Perut Kembung Yang Efektif Berdasarkan Penyebabnya

Setelah Anda mengetahui penyebab perut kembung, pastinya saat mengalami kembung. Anda ingin mencari obat perut kembung yang efektif.

Jika perut kembung disebabkan karena penyakit saluran cerna, terutama penyakit lambung dan usus, untuk bisa mengurangi gejala perut kembung, Anda bisa menggunakan obat-obatan yang digunakan untuk penyakit lambung.

Jika perut kembung karena penyakit lambung Anda bisa menggunakan obat anti sekretorik sehingga mengurangi gas dan kembung oleh proton pump inhibitor (PPIs). Anda bisa membeli beberapa obat yang dijual bebas di pasaran obat untuk lambung atau maag.

Tetapi perlu diingat, sebenarnya obat perut kembung apa pun yang digunakan untuk mengobati kembung sebaiknya harus dengan resep dokter. Karena selain efek utama obat yang bisa menyembuhkan perut kembung, ada juga beberapa efek samping yang tidak semua pasien bisa mentoleransi efeknya.

Karena itu, sebaiknya jangan mendiagnosis sendiri penyebab dari perut kembung yang Anda alami dan melakukan pengobatan sendiri tanpa resep dokter akan sangat berbahaya.