Pengertian Haji menurut bahasa

 

Haji adalah salah satu rukun Islam dan termasuk dalam rukun Islam yang kelima setelah syahadat, shalat, puasa, dan zakat. Empat rukun iman sebelum haji harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Pengertin Haji menurut bahasa

Haji menurut bahasa adalah mengunjungi tempat yang agung, sedangkan menurut istilah adalah ziarah ke suatu tempat tertentu pada waktu-waktu tertentu untuk melakukan amalan tertentu dengan niat beribadah.

Haji dilakukan pada bulan Syawal, Zulqaidah, dan Zulhijjah. Waktu puncak haji adalah pada bulan Zulhijjah, yaitu tanggal 9 Zulhijjah pada saat wukuf di Padang Arafah.

Setelah empat rukun Islam dilakukan oleh seorang Muslim, ia harus melengkapinya dengan haji. Dengan demikian, seseorang yang menunaikan haji berarti telah menyempurnakan keislamannya.

Kata 'Haji' berasal dari bahasa Arab 'Al Hajj' yang berarti disengaja, sungguh-sungguh, dan menuju. Haji dalam pengertian berarti dengan sengaja pergi ke Baitullah atau Ka'bah dengan maksud untuk melaksanakan ibadah atau mendekatkan diri kepada Allah SWT pada waktu yang telah ditentukan dengan cara tertentu dan sesuai dengan tata cara haji.

Haji didefinisikan sebagai kesengajaan, datang ke Mekah untuk melakukan tawaf, sa'i, wukuf di Arafah, dan melakukan ritual dalam rangka memenuhi perintah Allah dalam mencari keridhaan-Nya.

Nah itulah pengertian haji menurut bahasa. Dengan mrmahami arti Haji secara bahasa maka pemahaman tentang haji lebih mendalam terutama bagi calon jamaah haji. semoga bermanfaat.