Berikut Berbagai Manfaat Permainan Kelereng bagi Perkembangan Anak.

Kelereng merupakan permainan tradisional menggunakan berbentuk benda bulat kecil. Permainan ini tidak hanya seru dimainkan, tetapi juga memberikan banyak manfaat terutama bagi anak dalam masa perkembangannya. Hal ini penting untuk diketahui bagi orang tua bahwa kelereng berguna bagi perkembangan anak seperti berikut ini.

3 Manfaat dari Bermain Kelereng bagi Anak

  1. Mengasah Kemampuan Kognitif Anak

Saat bermain kelereng, anak melatih konsentrasinya serta kemampuan dalam mengatasi suatu pemasalahan. Hal ini karena permainan kelereng membuat anak mampu membuat strategi dan berkonsentrasi supaya kelereng mendekati lubang. Selain itu, dari permainan kelereng, anak dituntut untuk berusaha agar kelereng mengenai lawan serta bersembunyi.

  1. Meningkatkan Kemampuan Bersosial

Bermain kelereng juga membantu anak dari segi sosial. Hal ini karena saat bermain ini, buah hati perlu teman untuk bermain. Pada saat inilah, anak mampu bersosialisasi dengan baik. Selain itu, permainan ini juga memupuk sifat persaingan.  Kemampuan kerja sama antar manusia juga bisa dijalin oleh anak saat bermain kelereng.

  1. Membangun Kepribadian Anak

Saat memainkan kelereng, anak juga merasakan dampak positif dari kelereng yaitu rasa kepercayaan diri meningkat, menumbuhkan rasa sportivitas serta empati. Selain itu, ketika bermain, anak dituntut untuk berani mengambil keputusan dalam menggerakkan kelerengnya. Setelah keputusan diambil, anak wajib bertanggung jawab atas keputusannya.

Dapat disimpulkan bahwa pekelereng membawa manfaat bagi anak berupa meningkatkan kemampuan kognitif serta bersosialisasi anak. Dengan ini, anak dapat bermain sekaligus belajar. Kelereng bisa ditemukan di toko mainan terdekat dan harganya pun cukup murah.