Kenali 5 Jenis Pohon Nangka Unggulan Dengan Rasa Buah Yang Manis

Tahukah Anda jika pohon nangka ada banyak jenisnya? Rasa dari buah nangka mungkin hanya begitu-begitu saja. Tapi coba perhatikan lagi. Bentuk, warna dan ukuran buahnya kadang berbedakan? Itu karena jenis pohon nangkanya yang beragam.

Secara keseluruhan, semua tanaman nangka agaknya terlihat sama. Namun sebenarnya, ada berbagai jenis varietas yang dibudidayakan. Mulai dari yang lokal hingga impor. Di mana masing-masing memiliki keunggulannya sendiri.

Ada yang unggul karena bentuk perawakan pohonnya. Ada pula yang karena sifat dan kemampuan tumbuh serta rasa buah yang dihasilkan. Adapun jenis-jenis pohon nangka tersebut antara lain:

  1. Nangka Madu

Jenis nangka yang satu ini pohonnya memiliki sifat genjah. Pada umur 2-3 tahun biasanya ia sudah mulai berbuah. Dengan ciri buahnya berwarna kuning emas, berukuran besar, legit dan memiliki biji kecil.

  1. Nangka Mini

Sesuai namanya, tanaman nangka ini bentuknya mini alias kecil. Tingginya hanya bisa mencapai 3-5 meter saja. Kendati demikian, pohonnya sangat cepat berbuah dan bisa sangat lebat.

  1. Nangka Sri Bajong

Pohon jenis ini unggul dengan hasil buahnya. Buah nangka sri bajong ukurannya besar dan tebal namun berbiji sangat kecil. Rasanya pun sangat manis dan bertekstur renyah.

  1. Nangka Merah

Sesuai namanya, pohon buah nangka ini memiliki buah berwarna merah. Bukan bagian luarnya tapi daging buahnya yang oren kemerahan. Meski agak aneh tapi rasanya tak kalah manis dari jenis lainnya.

  1. Nangka Celeng

Jika biasanya nangka berbuah di atas pohon, maka ini agak beda. Nangka celeng buahnya tumbuh di pangkal batang. Jadi ada di bawah pohon, mendekati tanah. Masa berbuahnya adalah sekitar 8-9 bulan sekali.

Itulah tadi beberapa jenis pohon nangka unggulan dengan rasa buah yang manis. Tertarik untuk menanam salah satunya?