Yuk Simak Panduan Menerapkan Teknik Pijat untuk Mengatasi Kolik pada Bayi

Kolik merupakan kondisi dimana bayi menangis serta rewel secara terus menerus, padahal mereka dalam keadaan sehat. Sehingga penyebab kolik sampai sekarang belum diketahui secara pasti. Namun untuk mengatasinya anda bisa mencoba teknik pijat yang membantu menenangkan si kecil. Berikut panduan menerapkan teknik pijat untuk mengatasi kolik pada bayi.

Cara Memijat Bayi untuk Mengatasi Kolik

  1. Pijat Dayung

Guna memberi rasa nyaman pada si kecil, anda bisa melakukan pijat dayung. Teknik ini dilakukan dengan mengusap perut bayi secara lembut dari atas ke arah bawah. Jadi pijatan bisa dimulai dari bawah tulang rusuk kemudian dilanjutkan ke bagian atas pinggul buah hati. Lakukan pijatan seperti sedang mendayung, yaitu dengan tangan kanan lalu tangan kiri atau sebaliknya.

  1. Pijat Searah Jarum Jam

Terkadang bayi yang mengalami kembung karena gas terperangkap dalam saluran pencernaan menjadi salah satu pemicu anak mengalami kolik. Supaya dapat membantu mengeluarkan gas tersebut dan mengurangi rasa tidak nyaman, anda bisa mencoba memijat bayi dengan gerakan searah jarum jam.

Sama seperti sebelumnya, lakukan gerakan yang lembut ketika melakukan teknik memijat pada bayi. Anda bisa mulai dari pinggu kanannya, kemudian bergerak ke bagian kiri atas searah dengan jarum jam. Lakukan selama beberapa saat sampai anak terlihat lebih nyaman dan tangisannya mereda.

  1. Pijat Moonwalk

Teknik pijat untuk mengatasi kolik selanjutnya sering disebut dengan istilah pijat moonwalk. Teknik ini masih seputar tentang pemberian pijatan pada bagian perut. Jadi anda bisa mulai memberi pijatan di bagian tepat di atas pusar. Lakukan mulai dari sisi kiri lalu berjalan dengan lembut melintasi tubuh bayi ke sisi sebelah kanan.

  1. Pijat ILU

Pijat ILU atau pijat i love you diklaim sangat cocok diberikan pada bayi dengan usia 0 sampai 12 bulan. Karena pijatan dengan teknik ini dinilai dapat memberikan kenyamanan pada si kecil. Terlebih kolik memang biasanya terjadi pada usia usia awal kehidupan bayi. Jadi pijat ILU bisa anda praktikkan.

Pemberian pijatan menggunakan teknik ini pun masih berpusat pada perut. Caranya yaitu dengan mengusap membentuk huruf I – L – U. Anda bisa membentuk huruf tersebut dengan mulai dari perut lalu mengarah ke kepalanya. Atau bisa juga dilakukan dengan arah sebaliknya, yaitu dari atas mengarah ke perut.

  1. Pijat Punggung

Anda juga dapat melakukan pijat punggung untuk memberikan kenyamanan pada buah hati. Caranya yaitu duduk dan luruskan kaki anda ke arah depan. Selanjutnya letakkan bayi menghadap tengkurap di atas kaki agar anda bisa lebih mudah memberinya pijatan di bagian punggung. Posisi ini juga bisa membantu anak mengeluarkan gas di perut akibat dari adanya tekanan paha.

  1. Pijat Lutut

Satu lagi teknik pijat yang bisa dilakukan untuk mengatasi kolik, yaitu pijat lutut. Posisikan anak telentang di kasur lalu pegang betis dan lututnya dengan lembut. Berikutnya dorong kedua kaki bayi secara bersamaan ke arah perut. Pada posisi kaki berada di perut ini tahan sebentar selama lima detik, kemudian ulangi kembali proses tersebut hingga lima kali.

Itulah beberapa teknik memijat yang bisa anda lakukan untuk memberi kenyamanan pada bayi saat kolik. Selain memijat, tentu ada banyak cara lainnya yang bisa dilakukan guna membantu si kecil lebih tenang. Seperti memberikan botol susu anti kolik, mengajaknya berjalan jalan, mandikan dengan air hangat, putar lagu yang menenangkan, dan lain lain. Anda bahkan bisa mengkombinasikan semuanya sekaligus.