7 Destinasi Wisata Pantai di Jepara yang Wajib Dikunjungi Ketika Liburan

Jepara merupakan sebuah kota di Jawa Tengah yang dikenal masyarakat luas karena mempunyai banyak sekali pesona bahari. Bahkan tidak sedikit pesona baharinya telah dikenal luas hingga mancanegara dikarenakan saking menariknya. Untuk itu wajar jika Jepara sering dijadikan tempat tujuan liburan bagi para turis  luar negeri yang ingin melihat langsung pantai-pantai di sana. Lantas mana saja pantai-pantai terbaik yang ada di Jepara itu?.

7 Objek Wisata Pantai Terbaik di Kota Jepara

Salah satu destinasi pantai terbaik di Kota Jepara yaitu Karimunjawa yang mempunyai pemandangan sangat indah. Bukan hanya itu saja tetapi suasana di sekitar Pulau Karimunjawa juga sangatlah sejuk sehingga cocok dijadikan tempat untuk menghilangkan stress. Nah, selain Karimunjawa ternyata masih banyak lagi destinasi wisata pantai terbaik di Kota Jepara yang menawarkan keunikannya masing-masing. Adapun beberapa rekomendasi destinasi pantai terbaik di Kota Jepara yang wajib Anda kunjungi seperti berikut ini.

  1. Pantai Bandengan

Rekomendasi pertama pantai yang wajib dikunjungi ketika berada di Kota Jepara yaitu Bandengan. Ombaknya yang relatif tenang membuat pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi keluarga. Di sana nantinya para pengunjung bisa menikmati berbagai macam wahana watersport yang dapat memacu adrenalin. Adapun beberapa wahana yang bisa dicoba seperti banana boat, wave house dan jet ski. Bukan hanya itu saja namun Pantai Bandengan ini juga cocok dijadikan tempat wisata bagi Anda  pecinta dunia fotografi. Pasalnya di sekitar pantai terdapat banyak sekali spot foto yang menarik dengan pemandangan cukup indah. Untuk alamatnya sendiri pantai tersebut berada di Desa Bandengan, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Sedangkan untuk jam operasionalnya sendiri buka setiap hari mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB. Dalam hal ini bagi Anda  yang tertarik untuk mengunjungi pantai tersebut perlu menyediakan budget sebesar 7 ribu. Budget itu nantinya digunakan untuk membeli tiket masuk.

  1. Pantai Pungkruk

Destinasi wisata bahari satu ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang sedang mencari pantai dengan pemandangan bawah laut nan indah. Pasalnya keindahan bawah laut dari pantai itu masih terjaga hingga saat ini.  Selain menikmati pemandangan bawah laut yang indah para wisatawan juga bisa menikmati berbagai macam jenis olahan seafood terkenal di sana. Pantai yang terletak di Desa Mororejo, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah itu juga mempunyai udara sangat sejuk. Dengan begitu tidak heran jika pantai Pungkruk sering dijadikan tempat untuk menghilangkan stress akibat pekerjaan menumpuk sehari-hari. Untuk jam operasionalnya sendiri pantai itu buka setiap hari selama 24 jam. Harga tiket masuk ke pantai itu juga terbilang sangatlah terjangkau yakin hanya 5 ribu saja.

  1. Pantai Kartini

Ketika menginjakkan kaki di Kota Jepara akan terasa kurang jika tidak mendatangi Pantai Kartini. Hal itu dikarenakan pemandangan di sekitar pantai Kartini sangatlah indah. Nantinya ketika sudah sampai di Pantai Kartini parawisatawan akan disambut dengan sebuah patung kura-kura berukuran besar. Diketahui patung kura-kura itu merupakan ikon favorit bagi para pengunjung. Di dalam patung berukuran besar itu Anda  bisa melihat akuarium yang berisi spesies laut dan spa fish. Tidak hanya itu saja namun destinasi wisata bahari ini juga mempunyai berbagai tempat hiburan seperti tugu Kartini, dermaga penyeberangan kapal menuju Pulau Karimun Jawa dan panggung pertunjukan. Meskipun fasilitas yang disediakan cukup lengkap tetapi harga tiket masuknya sangatlah terjangkau. Dalam hal ini untuk mengetahui berapa harga tiket masuknya bisa mengunjungi website thekarimun.com. Pantai yang buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga 19.00 WIB itu lokasinya berada di Desa Bulu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

  1. Pantai Bondo

Pantai yang lokasinya berada di desa Mulyoharjo, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah ini dikenal luas masyarakat Indonesia karena mempunyai hamparan pasir putih sangat indah. Di sekitar pantai juga terdapat pohon bakau yang cukup rimbun sehingga membuat suasananya sangatlah sejuk. Dalam hal ini bagi Anda  pecinta olahraga air bisa menyewa berbagai macam wahana seperti banana boat dan speedy boot. Fasilitas dari pantai Bondo sendiri juga sudah cukup lengkap seperti tempat ibadah, WC umum dan area parkir cukup luas. Untuk harga tiket masuknya sendiri Anda  hanya perlu menyediakan budget sebesar 8.000 saja. Sedangkan untuk jam operasionalnya buka setiap hari selama 24 jam.

  1. Pantai Pulau Panjang

Penyebab mengapa Pantai Pulau Panjang ini bisa dikenal luas hingga mancanegara dikarenakan mempunyai pesona yang luar biasa. Bahkan saking bagusnya pesona yang dimiliki membuat pantai ini sering dijuluki sebagai Karimunjawa mini. Daya tarik utama dari pantai yang lokasinya berada di Pulau Panjang, Ujung Batu, kecamatan Jepara itu terletak pada area snorkelingnya. Di mana lokasi snorkeling itu memiliki pemandangan cukup indah. Di pantai Pulau Panjang juga sudah disediakan fasilitas berupa tempat duduk yang bisa digunakan  wisatawan untuk menikmati keindahan dermaga panjang. Diketahui jam operasional dari objek wisata itu buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB.

  1. Pantai Teluk Awur

Pantai berikutnya yang bisa Anda  kunjungi bersama keluarga ketika sedang berada di kota Jepara yaitu Teluk Awur. Daya tarik utama dari objek wisata yang lokasinya masih berdekatan dengan Pantai Kartini ini yaitu mempunyai pasir putih lembut dan spot untuk melihat sunset sangat indah. Oleh karenanya tidak heran jika pantai awu timur ini akan ramai pengunjung ketika sore hari tiba. Di pantai teluk awur para wisatawan juga bisa bersantai di kursi-kursi yang sudah disediakan petugas sembari menikmati suasana matahari tenggelam dengan ditemani semilir angin menyejukkan. Alamat lengkapnya pantai itu berada di jalan Teluk Awur, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Sedangkan untuk jam operasionalnya dibuka setiap hari selama 24 jam dengan harga tiket masuk sebesar 5 ribu saja.

  1. Pantai Suweru

Objek wisata bahari ini bisa dibilang menjadi salah satu pantai unik yang ada di Kota Jepara. Keunikan dari pantai itu terletak pada hamparan pasirnya yang berwarna hitam, sehingga bisa menciptakan suasana di sekitar pantai terkesan berbeda dengan lainnya. Di samping memiliki pasir yang indah, pesona bawah laut dari pantai Suweru itu juga tidak kalah bagusnya. Maka dari itu wajar jika objek wisata bahari ini sering dijadikan tempat snorkeling bagi para pengunjung. Tapi sayangnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke pantai Suweru tidak terlalu banyak. Hal itu dikarenakan akses jalan menuju objek wisata tersebut tergolong cukup jauh yang mengharuskannya menggunakan kendaraan pribadi. Sementara untuk alamatnya sendiri berada di Desa Balong, Kecamatan kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

5 Tips Aman Berlibur ke Pantai di Jepara

Tentunya setiap orang menginginkan kegiatan liburan di pantai itu bisa terkesan lebih seru dan menyenangkan. Di mana salah satu cara untuk mewujudkannya yakin dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini.

  1. Mencari Terlebih Dahulu informasi yang Hendak Dituju

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ketika ingin berlibur ke pantai yaitu mencari informasi terkait objek yang hendak dituju. Hal itu dimaksudkan agar nantinya bisa mengetahui kondisi dan lingkungan di sekitar pantai. Dengan begitu ketika Anda  mengunjungi objek tersebut tidak akan merasa bingung. Adapun beberapa informasi yang perlu dicari seperti ketersediaan penginapan,  akses jalan, cara mendapatkan makanan dan minuman.

  1. Membawa Pelindung Matahari

Pada saat ingin berlibur ke pantai pastikan telah membawa pelindung matahari seperti kacamata hitam, payung dan topi. Selain berfungsi untuk melindungi tubuh dari paparan sinar matahari, peralatan itu juga berguna untuk menjaga kulit agar tidak terbakar. Namun perlu diingat gunakan peralatan itu seperlunya saja jika memang sinar matahari sudah terik.

  1. Segeralah Untuk Membilas Tubuh Setelah Bermain Air

Setelah dirasa puas bermain air dan berenang di pinggir pantai, segeralah untuk membilas tubuh menggunakan air bersih. Hal itu penting untuk dilakukan mengingat air laut tersebut banyak mengandung garam yang bisa mengakibatkan alergi untuk orang-orang tertentu. Bukan hanya itu saja namun jangan berlama-lama mengenakan pakaian yang basah dikarenakan kandungan garam di dalamnya bisa membuat kulit menjadi kering. Dalam hal ini untuk membilas tubuh bisa dilakukan di kamar mandi yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Pastikan ketika membasuh tubuh sudah tidak ada lagi kandungan garam air yang menempel.

  1. Kenakan Outfit Pakaian yang Tepat

Meskipun kelihatannya sepele, faktanya pakaian yang dikenakan mempunyai peranan cukup penting ketika sedang berlibur ke pantai. Dalam hal ini pilihlah warna pakaian yang mencolok agar nantinya dapat menghasilkan jepretan kamera bagus di bawah panasnya terik matahari. Lengkapilah juga outfit memakai topi pantai atau banana untuk melindungi kepala dari paparan sinar matahari. Tapi perlu diingat tetap saja memilih baju pantai yang sopan dan tidak transparan.

  1. Menyiapkan Tas Anti Air

Pada saat berlibur ke pantai sangat penting untuk membawa tas ransel yang memiliki sifat anti air. Umumnya tas ransel yang memiliki sifat anti air itu terbuat dari bahan parasut. Tujuan mengapa harus membawa tas anti air yaitu agar nantinya tidak mudah basah apabila terkena cipratan gelombang pantai. Selain itu sediakan juga kantong plastik yang berfungsi untuk menaruh pakaian basah. Kantong plastik itu juga bisa Anda  gunakan sebagai pelindung ketika sedang mengambil gambar di bawah laut.

  1. Pastikan Membawa Bekal Makanan Dalam Jumlah Cukup

Untuk menghemat pengeluaran sebaiknya bawalah bekal makanan dan minuman sendiri dari rumah dalam jumlah yang cukup. Kegiatan itu penting untuk dilakukan mengingat harga makanan dan minuman yang dijual di lokasi wisata dibanderol dengan harga lebih mahal. Dalam hal ini agar tidak menimbulkan banyak sampah di pantai bisa menaruh minuman itu pada botol. Sedangkan untuk tempat makannya bisa memanfaatkan box yang terbuat dari plastik atau bahan stainless lainnya.

Demikianlah ulasan singkat tentang 8 rekomendasi destinasi wisata pantai di Jepara. Dikarenakan hampir sebagian besar destinasi wisata pantai di Jepara itu akan selalu ramai oleh pengunjung ketika weekend, maka disarankan untuk mendatanginya di hari kerja agar bisa menikmati objek wisata tersebut sepuasnya.