Cara Memperbaiki Memory Card yang Tidak Terbaca di Hp, Penasaran

 

Pada dasarnya mengatasi memory card yang bermasalah itu cukup mudah untuk dilakukan. Namun, dibalik semua itu Gadgetinku juga harus mengetahui terlebih dahulu penyebab mengapa memory card pada smartphone tersebut tidak mau terbaca. Apabila sudah mengetahuinya, maka pastinya kamu tinggal memperbaiki masalah memory card yang tidak mau terbaca tadi, berikut ulasannya.

 

Penyebab Kenapa Memory Card Tidak Mau Terbaca di Smartphone

 

Alasan pertama mengapa memory card milikmu tadi tidak mau terbaca tidak lain yaitu karena kamu terlalu sering memindahkannya. Maka dari itu, tidak heran jika memory card milikmu tadi mengalami gangguan. Sebab, plat kuning yang ada  di bagian memory card tadi perlahan-lahan akan mulai tergores sehingga menyebabkan kerusakan. Untuk mengatasi hal tersebut, maka coba ikuti beberapa tips yang ada di bawah ini supaya nantinya memory card milikmu bisa terbaca lagi tentunya.

 

  1. Coba cek di smartphone lainnya

 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu yaitu dengan cara mencoba memory card tersebut di smartphone  yang lainnya. Caranya yaitu kamu harus melepaskan memory card itu tadi terlebih dahulu baru kemudian pasangkan di perangkat lainnya. Apabila ternyata di perangkat lainnya memory cardmu mau terbaca, itu tandanya ada yang bermasalah dengan smartphonemu sendiri pastinya.

 

  1. Restart smartphone

 

Apabila ternyata mengecek memory card di perangkat lainnya tetap tidak mau berjalan, coba restart smartphonenya. Dengan begitu, kamu akan mengetahui letak masalahnya. Cara yang satu ini juga bisa kamu lakukan terlebih dahulu di smartphonemu yang utama sebelum memutuskan untuk memindahkan memory card itu tadi ke perangkat lainnya.  Apabila ternyata kartu memorimu tidak mengalami masalah maka itu tandanya ada gangguan pada smartphonemu.

 

  1. Bersihkan badan kartu memori

 

Jika kedua tips di atas tadi tidak berhasil, coba bersihkan badan kartu memorimu tadi supaya bisa terbaca kembali di smartphone. Alasan kenapa memory card milikmu tadi tidak mau terbaca tidak lain karena badan kartu tersebut begitu kotor. Dengan begitu, lempengan emas yang ada di bagian luarnya menjadi sulit terbaca. Umumnya kondisi yang satu ini sering terjadi jika pengguna smartphone  sering memindahkan kartu memori dan juga menyentuh bagian lempengan emasnya atau bahkan menaruhnya secara sembarangan.

 

Maka dari itu, mau tak mau kamu wajib  untuk membersihkan badan kartu memori tersebut. Caranya sangat gampang, kamu sukup mengambil kain kering yang bersih maupun tisu kering. Namun selain itu, kamu juga bisa menggunakan karet penghapus yang berwarna putih untuk mengangkat kotoran maupun debu dari badan kartu memorti itu tadi.

 

  1. Format memory card

 

Terakhir, langkah yang satu ini bisa kamu coba jika semuanya tidak berhasil namun harus kamu ingat bahwa semua datamu yang ada di dalam memory card tersebutnantinya akan hilang. Maka dari itu, kamu harus mempersiapkan diri terlebih dahulu, namun biasanya memory card yang telah diformat tersebut bisa digunakan seperti sedia kala lagi. Caranya sendiri sangat gampang, dengan kondisi kartu memori yang masih terpasang di smartphonemu kamu hanya tinggal masuk ke menu setting saja.

 

Jika sudah, masuk lagi ke menu storage atau penyimpanan lalu pilih portable storage. Setelah itu, kamu hanya tinggal memilih driver kartu memory itu tadi. Selesai, kamu bisa langsung memformat kartu memorimu tadi  dengan cara memilih opsi erase and format. Tunggu  proses format kartu memori itu tadi sampai selesai dan jangan lakukan aktivitas lainnya supaya tidak error.